Heboh 7 keajaiban dunia (new 7 wonder)

Dimulai dengan adanya ‘kompetisi’ pemilihan tujuh keajaiban dunia yang diadakan (secara inisiatif pribadi) oleh Bernard Weber memunculkan banyak reaksi keras terutama dari UNESCO, yang langsung menanggapinya bahwa UNESCO tidak memiliki hubungan apapun dalam pemilihan tersebut. Selain tanggapan dari UNESCO, muncul reaksi dari beberapa negara yang memiliki keajaiban dunia namun tidak termasuk dalam daftar tujuh keajabian dunia yang dihasilkan dari pemilihan tersebut, sebut saja Mesir yang memiliki Piramid.

Pemerintah Indonesia pun tidak ketinggalan, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata menuding Pemerintah Daerah bertanggungjawab atas hal ini.

Menurut pendapat saya, hal ini sebetulnya tidak perlu dihiraukan, karena sistem pemilihan tujuh keajaiban dunia ini hanya berdasarkan voting layaknya sebuah acara talent show (AFI, Indonesian Idol ,KDI dsb). Amat sangat tidak layak apabila kebesaran peninggalan sejarah hanya ditentukan dari sebuah voting. Harus ada kriteria-kriteria tertentu (secara ilmiah dan obyektif) untuk menilainya. Dalam hal ini saya rasa UNESCO adalah badan internasional yang paling berhak untuk melakukan pemilihan, proses penilaiannya pun amat valid dan tidak sembarangan.

UNESCO sendiri tidak terpaku pada patokan jumlah keajaiban dunia adalah 7 (tujuh). UNESCO hanya memberikan istilah “World Heritage” (peninggalan -sejarah/kebudayaan- dunia). Daftar peninggalan dunia yang telah diakui oleh UNESCO bisa dilihat disini. Indonesia sendiri memiliki 7 peninggalan sejarah/kebudayaan yang diakui, baik itu buatan manusia maupun terbentuk oleh alam, termasuk Borobudur.

Kesimpulannya, Pemerintah seharusnya tidak usah seperti kebakaran jenggot sampai menuding sana nuding situ, karena sebetulnya yang berhak melakukan penilaian adalah UNESCO, bukan yang lain, apalagi hanya hasil dari voting. Beres toh!

.. gitu aja kok repot!

BTW, FYI, kalo kita ambil rujukan dari wikipedia, Borobudur memang tidak masuk dalam 7 keajaiban dunia. Pada beberapa situs lainnya pun tidak semuanya mencantumkan nama Candi Borobudur, malah pada situs wonderclub.com, Borobudur dianggap sebagai keajaiban yang terlupakan “The Forgotten Wonders“. Seperti juga pada situs dari profesor teknik sipil University of South Florida, Borobudur ditempatkan pada kategori Forgotten Wonder bersama beberapa peninggalan bersejarah dunia lainnya. Yang masuk pada kategori ‘yang terlupakan’ ini biasanya adalah yang kurang dikenal oleh para sejarawan, arsitek dunia.

Setahu saya candi Borobudur memang tidak dikenal sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia pada literatur internasional, hanya kita saja bangsa Indonesia yang menyebutnya dalam buku-buku pelajaran di sekolah-sekolah sebagai ‘Tujuh Keajaiban Dunia’ (versi indonesia).

Update!
Sepertinya Pengelola Candi Borobudur jauh lebih ‘pintar dan cerdas’ menanggapi hal ini ketimbang orang-orang pusat.

baca juga:
PriyadiKontroversi ‘New Seven Wonders of the World’

Powered by ScribeFire.

About these ads

15 responses to “Heboh 7 keajaiban dunia (new 7 wonder)

  1. Harusnya waktu dilakukan voting, semua rakyat Indonesia memasukkan candi Borobudur sebagai salah satu pilihan biar gak terlupakan

  2. asem ternyata pelajaran SD tentang 7 keajaiban dunia salah to…. waduh gimana ya biar borobudur masuk 7 keajaiban dunia versi international ???…

  3. hikmahnya, popularitas borobudur di tingkat internasional masih rendah. yang diperlukan adalah upaya nyata untuk memasarkannya secara serius. sorry to say, kita selama ini masih kurang serius dalam memasarkannya.

  4. kesalahan cetak…perlu di update lagi…he…he…wong saya aja anak indonesia gak pernah ke sana koq..he..he…mungkin juga pengaruh kebosanan orang2 terhadap borobudur

  5. ya memang tugas kita bersama untuk mengwnalkannya dan menyebarkan info tentang borobudur itu, karena kurangnya rasa nasioalisme dan masih rendah informasi ya begini jadinya

  6. aduh lama lama gw jd bingung.
    sebenernya ada berapa keajaiban si?
    gw denger denger ka’bah ke apus juga yah dari 7 keajaiban dunia?
    gila orang yg ngapus g tau aph sejarahnya orang islam?
    itukan dari zamannya nabi muhammad saw. udah ada.
    jujur aja gw g setuju kalo sejarah orang2 islam di hapus dari keajaiban dunia itu !!

  7. #antii
    tenang, gak usah bingung, silahkan dibaca dulu artikel saya dengan benar, referensinya dibaca, lalu buatlah kesimpulan dari data-data yang ada… saya jamin g bakal bingung lagi dan bisa menyikapi permasalahan ini dengan bijak :)

    jadi, bacalah… iqro’ … heheheeh..

  8. Gue si asik2 aja…..tapi klo dunia ga ngakuin Borobudur k dalam keajaibannya….berarti dunia ga menghargai kebudayaan mulanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s