Tugas MUI (Majelis Ulama Indonesia)

Hari ini sempet shock juga, dapet kabar dari temen-temen via plurk dan facebook, MUI akan mengeluarkan Fatwa tentang Facebook!

kiddin’ rite? no! i’m serious!

Ulama Jatim Akan Fatwakan Facebook
…Melejitnya para pengguna Facebook di Indonesia ini menyulut kekhawatiran sekira 700 tokoh muslim di Surabaya, Jawa Timur untuk segera mengeluarkan fatwa terhadap Facebook. Mereka menilai menjamurnya jejaring sosial tersebut dirasa akan memberikan dampak negatif bagi umat Muslim di Indonesia, dan dapat digunakan untuk transaksi seks terselubung….

apa nggak sekalian bikin fatwa untuk Plurk.com, Twitter.com, Koprol.com, WordPress.com, Blogspot.com, Multiply.com, Friendster.com, Fupei.com, Tagged.com, MySpace.com .. de el el..

*berharap memiliki pemimpin yang CERDAS dan BIJAKSANA, ngerti mana yang harus di URUS dan mana yang nggak*

update

Pengasuh Ponpes Lirboyo Bantah Bahas Facebook

Kabar para ulama Jawa Timur akan membahas fatwa Facebook ternyata tidak benar. Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, KH Idris Marzuki membantah pernyataan tersebut.

Bahkan Kiai Idris membantah kenal dengan orang yang mengatasnamakan juru bicara Ponpes Lirboyo, Nabil Haroen yang sebelumnya menyatakan akan ada fatwa untuk Facebook. “Tidak ada itu, saya bahkan tidak kenal dengan Nabil,” ujarnya saat dihubungi okezone di Jawa Timur .

Sebelumnya, Associated Press memberitakan para tokoh muslim di Indonesia akan mengeluarkan fatwa tentang jejaring sosial di dunia maya. Sebab apabila disalahgunakan situs semacam Facebook dapat mengundang birahi. Dalam ajaran Islam hal itu diharamkan.

Dalam berita tersebut AP mengklaim mendapatkan sumber dari juru bicara Ponpes Lirboyo, Kediri, Nabil Haroen. Tapi belakangan pengasuh Ponpes Lirboyo KH Idris Marzuki membantah kenal dengan Nabil.

walah! kok tambah mbingungi to? jadi ini si AP (Associated Press) ngasih berita ngawur? jadi si Nabil itu siapa to? terus bagaimana dengan berita yang ini ?

update

Banyak Manfaatnya, Facebook Tak Perlu Diharamkan

Ijtima 700 ulama Jawa Timur soal fatwa haram situs jejaring sosial, Facebook, dimentahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. MUI menilai, tidak ada alasan mendasar untuk dikeluarkan fatwa haram jika jejaring sosial ini mengandung banyak manfaat bagi umat.

“Kalau lebih banyak manfaat untuk orang lain seperti untuk berdakwah, menyambung tali slaturrahmi, kenapa harus diharamkan?” ujar Ketua MUI, Cholil Ridwan, saat dikonfirmasi okezone…

nah ini baru MUI yang BENER!

dan kalau saya lihat-lihat lagi (baca di sini) ternyata yang SEMANGAT mengharamkan Facebook adalah mereka yang menamakan dirinya Forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3) dan bukan atas nama MUI

update

Roy Suryo Sambut Gembira Fatwa Haram ‘Facebook’

Ahli telematika K.R.M.T. Roy Suryo Notodiprojo menyambut baik rekomendasi fatwa mengenai status hukum dalam Islam terhadap facebook dan jejaring sosial lainnya.

….

Sementara itu, M. Nabiel Harun selaku Humas Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMPPP) se-Jawa Timur di Pondok Pesantren Putri Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo menegaskan, hingga saat ini pihaknya tidak pernah mengusulkan kepada pihak manapun, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengeluarkan fatwa haram terhadap facebook dan jejaring sosial lainnya.

dari berita di atas ada 2 poin:

  1. Sang Pakar Pornomatika kita akhirnya ikut-ikutan buka mulut, dan seperti biasa, KONYOL! huahahahaha….
  2. ternyata tidak ada keputusan fatwa haram facebook/usulan kepada MUI untuk mengharamkan facebook seperti yang heboh diberitakan di media massa, sejatinya mereka hanya mengatakan haram JIKA digunakan berlebihan

kesimpulan: MBOH! JADI MBULET! MANA YANG BENER INI?

MENARIK:
Politikana – Facebook Haram: Fatma Ulama Ottoman Abad 21

INFO:
www.muxlim.com – Layanan Jejaring Sosial bernuansa Islami

About these ads

10 responses to “Tugas MUI (Majelis Ulama Indonesia)

  1. -di Faebook selain untuk menambah teman dan berkenalan kan juga bisa digunakan untuk menulis artikel-artikel yang behubungan dengan agama,budi pekerti,moral,akhlak.
    -salam.

    • nggak juga sih? pada awalnya itu mereka pakai nama MUI Jatim, lah ternyata yang namanya Nabil sebagai narasumber pertama gak jelas orangnya, lalu MUI pusat tidak menerima laporan dan tidak akan mengeluarkan fatwa haram facebook, nah sekarang yang memang sepertinya jelas akan mengharamkan adalah forum Komunikasi Pondok Pesantren Putri (FMP3)

  2. Ass. kepada yth kepala MUI kami dari warga Desa Pace Wetan Dukuh Cangkringan Kec, PAce Kab. Nganjuk mohon dapat mendapatkan sumbangan pembangunan masjid untuk umum karena disi yang ada mushola kami warga sekitar hanya bisa mengumpulkan sedikit2 dari hasil panen sedangkan dari warga disini hanya sebagai Buruh Tani kami, mengirim surat ini mendapat dorongan dari warga Dusun cangkringan mohon dapatnya dari MUI untuk membantu kami. Rencana Renovasi Mushola Darussalam akan dijadikan masjid biar indah warga sini dapat terlaksana dengan baik dan dapat digunakan sholat Jumat maupun Sholat Idul Fitri yang selama ini terbagi di mushola kecil-kecil dan kami warga sekitar sangat senang bila perlu dari pihak MUI untuk meninjau tempat ini . sebelumnya kami minta maaf mewakili Warga Cangkringan.

  3. Ass. Wr. Wb. Bapak Kepala MUI beserta jajarannya.
    Baru 2 hari ini heboh bahwa pemerintah membelikan mobil mewah untuk menteri dan pejabat pemerintah lainnya dgn harga yang pantastis, konon katanya 1,3 Milyar/unit tetapi kata sudi silalahi 800 juta dalam jumlah yang pantastis juga 150 unit. Ayo saya tantang MUI kalau berani KELUARKAN FATWA HARAM BAGI PEJABAT PUBLIK YANG MEMAKAI MOBIL MEWAH DENGAN UANG RAKYAT SEBELUM RAKYATNYA JADI MAKMUR. Ayo keluarkan fatwa segera, JANGAN CUMA BISA JADI ALAT POLOTIK PEMERINTAH SAJA DENGAN MENGELUARKAN FATWA BAHWA GOLPUT ITU HARAM. Sekarang bertindaklah kalau berani demi kebenaran. Karena di akherat nanti akan diminta pertanggungan jawab seorang pemimpin.

  4. fatwa yang terbaru pelarangan rebounding.
    kalau orang yang Islamanya masih lemah atau pas-pasan mungkin bisa meluluhkan/menjadi tumbuhnya kebencian terhadap Islam.

  5. dari hal yg kecil aja ngurusi mulut …..makan berlebihan apalagi sampai mukok(muntah)…..itu juga haram…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s