“New 7 Wonders” (Tujuh Keajaiban Dunia Baru) it’s just a POPULARITY GAME

yo’i, saya yakin para bloggers, netters suda banyak yg tahu tentang kontes “New 7 Wonders” ini. Apalagi Pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Departemen Pariwisata lagi gencar-gencarnya mengadakan kampanye untuk turut mendukung masuknya Pulau Komodo masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia yang baru.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kontes ini adalah sebuah kontes POPULARITAS, dimana pemenangnya terpilih berdasarkan banyaknya voting yang masuk? bukan berdasarkan kepantasan secara ILMIAH

UNESCO adalah salah satu badan dunia (PBB) yang secara resmi diakui secara Internasional untuk menentukan/memutuskan mana saja yang menjadi  “Warisan Dunia” (World Herritages). UNESCO tidak menggunakan istilah “Keajaiban Dunia” (World of the Wonders).  Semenjak maraknya kontes ini yang diikuti oleh jutaan orang sedunia, UNESO telah mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan bahwa UNESCO tidak ada hubungan dalam penyelenggaraan kontes tersebut.

Saya tidak menyalahkan ataupun melarang mereka/anda untuk turut mendukung kontes ini, namun hanya ingin memberikan informasi bahwa it’s just a game! dan kalaupun nanti Pulau Komodo gagal “audisi” maka tidak perlu kita tanggapi dengan terlalu serius, karena sekali lagi, ini semua ditentukan hanya dari hasil voting yang menurut saya tidak bisa dijadikan validitas sebuah kualitas dari tempat/bangunan yang dinominasikan.

Dan sebetulnya kita tidak perlu khawatir karena Pulau Komodo beserta beberapa lokasi/bangunan (termasuk Candi Borobudur) bersejarah di Indonesia sudah diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO, lihat daftarnya di sini http://whc.unesco.org/en/list

Nah, sekarang tahukah Anda darimana asal muasal “Tujuh Keajaiban Dunia” ? istilah populer ini didapatkan dari buku panduan wisata oleh bangsa Yunani kuno. Dan kalau berdasarkan daftar asli 7 Keajaiban Dunia di dalamnya terdapat: Piramid Mesir, Taman Gantung Babylonia, Patung Zeus di Olympia, Kuil Artemis, Mausoleum, Colossus, dan mercusuar Alexandria.

Sebetulnya banyak istilah lain lagi, seperti: Seven Natural Wonders, Seven Wonders of the Underwater World. Pulau Bali ternyata masuk dalam daftar Travel wonders of the world :)

so?

artikel lain:
Priyadi.netKontroversi New Seven Wonders of the Worlds

About these ads

28 responses to ““New 7 Wonders” (Tujuh Keajaiban Dunia Baru) it’s just a POPULARITY GAME

  1. kalo saya sih ya… ga ada salahnya kan vote siapa tau pulau komodo masuk, kan berarti bisa lebih dikenal wisman daripada sebelumnya, apalagi pas iseng browsing kemaren itu ternyata pulau komodo punya banyak spot bagus bgt. Jadi ga ada salahnya toh, sekalian promosi kalau menang. Kalau aku sih ta ambil positif aja gituuuuuu

    • nah, ngomongin masalah “gak ada salahnya” dan “sekalian promosi”… coba baca artikelnya om priyadi, linknya ada tuh di bawah artikelnya, nah ntar gimana kesimpulannya setelah membaca tulisan om priyadi … :)

  2. hehoooo… saya tadi sudah baca itu kok oom. Menurut saya ya tetep ga ada salahnya. Wes, nda usah ngomongin wisman, yg dalam negeri aja deh. Sblm Pulau Komodo masuk nominasi itu banyak orang memandang sebelah mata. “halah, ada apa sih di pulau itu, paling cuma ada kadal raksasa yg membahayakan jiwa. wes ga usah kesana” Dengan mindset ky gitu, orang jadi males nyari tau, ga kenal maka ga sayang toh. Jadi ga tau deh banyak tempat bagus disana. Tapi, setelah adanya polling itu orang-orang kan jadi penasaran “walah, ada apa to di Pulau itu kok bisa sampai masuk nominasi?” Dengan begitu orang kan cari Info ada apa disana, begitu tau disana banyak sekali spot interesting (terutama pantainya) kan bisa jadi sarana promosi Wisatawan. Nah, kalau orang banyak yang kesana tentunya sarana dan infrastrukturnya pasti dibenahi. Dengan begitu semakin banyak option liburan kan.
    Tapi ya oom, alasanku vote ya spt yg ta sebut diatas. kl ga menang ya gpp. Ga masalah. Tapi vote itu menurutku boleh juga. Yah walaupun ga menang, at least untuk pengetahuan kita aja kalau ternyata ada satu lagi spot yg interesting di Indoesia. Jadi ga bali, lombok, n Bunaken terus yang jadi andalan.
    Anyhoo, ga masalah masuk keajaiban dunia atau gak karena spot-spot holiday di Indoesia buatku tetep Indah kok, ga peduli masuk atau nggak :D

    • iya, masalahnya orang nganggep terlalu serius kontes ini, sampe2 departemen pariwisata jor-joran ikutan berkampanye, kapan itu liat talkshow di tvone, ada perwakilan dari dept. pariwisata yang semangat “mari kita dukung… blablabla” dan kalo saya tangkep, sepertinya akan menjadi kegagalan besar kalau p komodo gagal masuk 7 keajaiban, sepertinya kita sekarang sedang mempertaruhkan nama/harga diri bangsa, padahal ini cuma VOTING yang diadakan oleh lembaga/individu SWASTA yang diadakan tiap tahun, dan yang mendapatkan keuntungan paling besar (secara materi) dari kontes ini adalah sang penyelenggara, toh kalaupun terpilih tidak ada tindak lanjut dari penyelenggara, seperti apa yang dilakukan oleh UNESCO, jika ada situs yang masuk dalam warisan dunia, maka UNESCO memberikan bantuan untuk pemeliharaan (CMIIW)

      sebetulnya inti tulisan saya ini… plis deh jangan lebay, take it just for fun :)

      jadi niat saya cuma meluruskan saja, supaya ndak usah kecewa atau merasa “oh ternyata p komodo nggak diakui” jika nanti gagal masuk

      dan memang kalau kita ambil dari sisi positif, saya sependapat, dengan adanya kontes ini, tidak saja orang dari luar negri, dari bangsa kita sendiri sepertinya jadi lebih aware, and thats means good!

      • Lha wong ini vote jadi ya yang menang ya ditentukan berdasarkan jumlah penduduknya. Lha iya to, kalo penduduknya banyak kan tinggal promosi di TV pasti menang tuh, jadi bener” ga valid and ga bisa dijadikan acuan

  3. Wow… good opinion banget boss!
    sekarang masalahnya bukan sekedar masuk unesco apa nggak,
    tapi sebisa mungkin kita harus nomor satu di setiap kontes2an, walaupun cuma sekedar game.
    masalahnya, sekarang netters (dunia) cari info travel dari mana?
    kebanyakan dari internet.
    jadi kalo ada kontes, kenap nggak semuanya nomor satu aja.
    apa lagi pemerintah sampe ikut memplubikasikannya, pasti pemerintah udah punya pertimbangan keuntungan buat indo.

    dukung terus komodo!!!

    btw, salam kenal
    sori kalo agak2 ngaco ngomognya :)

  4. satu lagi, hehehe… kelupaan…. :mrgreen:
    jangan terlalu apatis ah, sama segala sesuatu yg datang dari pemerintah, kalo emang bagus, dukung abisss aja :)

    sy nggak dukung siapa2 di pilpres, pileg, atau pendukung pemerintah,
    but, for indonesia, apa si yg ngga?

    gicccu…..

    .

  5. “iya, masalahnya orang nganggep terlalu serius kontes ini”

    kalo saya, harus bener2 kalo memang niat 100%menberi dukungan. it’s just a game? so what, yang penting….
    keuntungannya? bos sendiri yg jawab:

    “dan memang kalau kita ambil dari sisi positif, saya sependapat, dengan adanya kontes ini, tidak saja orang dari luar negri, dari bangsa kita sendiri sepertinya jadi lebih aware, and thats means good!”

    kalo nggak masuk, terus jadi kecewa berat? pasti…
    itu resiko… asal jangan sampe stress :D

    so, kalo mo dukung jangan stengah2 hati,

    take it or leave it…

    .

  6. terus yg ngadain itu sapa dunK????
    trus daftar asli 7 keajaiban dunia tudri mana? UNESCO?????

    BTW…. klo aq c ga terlalu masalah… klo Indonesia lebih dikenal ma dunia internasional kan qt bangga juga… (* yg bagus2nya aj tp…)

  7. saya sangat mengharapkan ajang ini dapat memajukan pulau komodo,indonesia [jika pulau komodo terpilih menjadi keajaiban dunia] dan dapat mengembalikan citra indonesia di mata dunia.setelah terjadinya pengeboman di hotel JW-MARIOT dan di hotel RITZ CALTON.

  8. aku bangga pada indonesia karena indonesia mempunyai banyak sda .nah, sekarang mari kita dukung pulau komodao agar indonesia maju dalam kepariwisataannya

  9. saya berharap dengan masuknya pulau komodo sebagai calon 7 keajabian dunia menjadikan pulau komodo jadi lebih di kenal wisman and good luck indonesia.

  10. saya dukung komodo adalah satu satunya kebanggaan BANGSA INDDONESIA dan harus jadi 7 keajaiban dunia yang baru dibumi ini HIDUP KOMODO….!!!!!! HIDUP INDONESIA

  11. kalo gw sih setuju2 aja., lg an apa salahnya ikutan 7 wonders,cp tau bisa lo2s masuk. meskipun gw blum pernah hang out ke pulo komodo, tp gw yakin tu pulau bgs bgt d singgahi n d nikmati..
    bwt tmn2 penikmat internet, buruan ikut poling tuk dukung indonesia khususnya pulo komodo ….ok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s