Jadi orang kidal

Kidal atau tidak itu sebetulnya bisa disebabkan dua faktor: Nature (bawaan lahir) atau nurture (pengasuhan). Orang yg kidal karena bawaan lahir, terjadi karena otak kanannya lebih dominan daripada otak kirinya.

diambil dari Kidal dan Otak

Saya termasuk orang yg kidal. Iya bener! suer! – banyak temen2 saya yg g tau kalo saya kidal padahal udah berteman cukup lama (dasar g perhatian sm temen!). Kidal saya ini g jelas juga asalnya darimana, genetik? hm.. diantara semua keluarga saya yang kidal cuman Oom saya dari Papa saya. itupun g kidal 100%, lebih balance krn dia menggunakan kanan dan kiri sama baiknya dan sama seringnya. Saya juga g inget kapan saya pertama kali menjadi kidal. Untuk masalah kesopanan, misal dalam memberikan/menerima barang dengan tangan kanan g ada masalah krn memang sudah diajarkan dari sejak kecil. Tapi utk masalah menulis saya g bisa kalo pake tangan kanan. Malah anehnya, hanya untuk menulis saja saya kidal, dalam hal lain saya tetep pake tangan kanan. Tangan kanan saya pun lebih kuat ketimbang tangan kiri.

Sempet waktu SMP saya coba belajar nulis pake tangan kanan, lumayan lah sekarang bisa dikit dikit tapi masih jelek tulisannya. Tapi kalo saya nulis di papan tulis dengan huruf yg besar besar saya bisa pake tangan kanan, utk nulis di kertas/buku yang masih jelek.

Kalo ada yang tanya, “hla kalo cebok pake tangan apa?” .. biasanya saya g akan jawab, karena akan jadi serba salah. Kalo saya jawab pake tangan kiri, hla saya nulis2 selalu pake tangan kiri, ntar kalo ada orang yg pinjem pulpen sama saya ntar jijik.. hehehe.. kalo saya jawab pake tangan kanan.. hlaaaaaaa… tambah rame ntar!๐Ÿ˜€ biarlah itu menjadi rahasia saya.. hihihihi..

untuk masalah otak, ah g tau saya.. yg pasti utk math g bagus bagus amat saya punya nilai, tergantung dosen/guru yg ngajar, kalo yg ngajar enak, bisa dapet A/B kalo dapet yg g enak.. dapet D. Saya suka musik, tp g bisa maen musik dan g terlalu suka utk belajar maen musik, walopun sempet beberapa kali saya mimpi jadi gitaris yang jago, sumpah!… Saya suka menggambar, suka sama hal hal yg berbau seni lah.. mangkanya sekarang jadi webdesigner (designer graphic).

At least, saya bangga dengan ke-kidal-an saya๐Ÿ˜€

* tulisan ini terinspirasi oleh Kidal dan Otak

Technorati Tags: ,

17 responses to “Jadi orang kidal

  1. Kalau melihat kecenderungan penggunaan tangan kanan, kayaknya Mas Sandy termasuk right-handed.

    Mungkin menulis dengan tangan kiri hanya karena pas waktu belajar menulis dulu tangan kanannya lagi keseleo.๐Ÿ˜€

    Anyway, hidup kidal !!!… he he he

    Suka

  2. #medon
    saya sudah jelaskan di posting saya diatas

    Kalo ada yang tanya, โ€œhla kalo cebok pake tangan apa?โ€ .. biasanya saya g akan jawab, karena akan jadi serba salah. Kalo saya jawab pake tangan kiri, hla saya nulis2 selalu pake tangan kiri, ntar kalo ada orang yg pinjem pulpen sama saya ntar jijik.. hehehe.. kalo saya jawab pake tangan kanan.. hlaaaaaaaโ€ฆ tambah rame ntar!๐Ÿ˜€ biarlah itu menjadi rahasia saya.. hihihihi..

    Suka

  3. Mas Sandy, salam kenal. Kapan2 invite ke blog saya ya..
    Anak saya yang ke-3 usia 3th,10bln , laki-laki juga kidal.
    Km sekeluarga sih g masalah dg tangan kirinya. Tapi saya rada sebel sama orang2 yg maksain dia harus pake tangan kanan, yg mrk bilang tangan manis. Padahal semua tangan kan manis. Ya ka?
    Setahu saya, kita tidak boleh memaksakan penggunaan tangan tertentu karena dapat mengganggu kordinasi otaknya, tetapi cukup kita mengarahkannya saja.
    Sejalan dengan pertambahan umurnya, mereka akan belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan, termasuk mulai menngunakan tangan kanan untuk tindakan tertentu.

    Suka

  4. #lucysteven
    Salam kenal juga mbak๐Ÿ™‚
    wah biasanya anak usia segitu lagi bandel bandel nya ya.. hehehehe…

    anggapan tangan kanan manis menurut saya itu karena budaya aja, kebetulan budaya di indo tangan kanan adalah tangan manis, apa apa harus tangan kanan kecuali cebok. Itu yang tertanam dalam sekali di masyarakat indo dan menjadi semacam norma sosial. Padahal kalo dipikir-pikir sih memang seharusnya tidak ada istilah tangan manis dan tangan jelek.

    Sering saya lihat di luar (negeri) banyak malah tokoh2 penting (negara) yang tidak segan menggunakan tangan kirinya (emang dia kidal sih) padahal ada di acara yang formal. Sopan atau tidak itu bergantung dari sudut budaya mana kita melihatnya. Bagi mereka tidak ada masalah, tapi bagi kita itu tidak sopan.

    mungkin ada baiknya memang kita mengikuti norma sosial dimana kita berada tapi tanpa membuat si anak melakukannya dengan terpaksa. Untuk hal-hal seperti bersalaman, menerima/memberi sesuatu dll bisa kok dibiasakan menggunakan tangan kanan. Buktinya saya bisa๐Ÿ™‚ tapi memang untuk menulis lebih baik biarkan saja, karena itu lebih sulit.. ntar nangis anaknya๐Ÿ™‚

    kalo saya dulu cuek aja mbak kalo ada yg bilang “ehh.. kok nulis tangan kiri? .. ” saya cuman bales senyum aja, dalem ati “yee.. situ g bisa kan? jangan sirik ye.. ” hihihihihi…

    Suka

  5. salam kenal juga massandy!
    sy juga termasuk orang kidal di dunia ini, awalnya sy juga ga tau tiba-tiba nulis tu enak banget pake tangan kiri, padahal ortu tau tu dari guru TK kalo sy nulis pake tangan kiri.ya… jadi keterusan ampe sekarang. pastinya sy bahagia juga kadang risih kalo lagi nulis di kelas, apalagi pertama masuk kuliah tu kan kursinya ada mejanya, ya… otomatis gaya sy paling aneh!!!! santai aja ko, bersykur aja punya tangan yang utuh. cuma ga sama kaya orang normal aja x!!!!!

    Suka

  6. Halo…aku kidal juga…sejauh ini ok ok saja. Dulu ketika kuliah di Arsitek sering dikagumi cewek cewek. Masa masa ini yang paling asyik…merasa keren hahahaha.
    Salam kenal mas Sandy.

    salam kenal pak datyo, rumahnya deket nih, bisa nih kapan2 maen2 kesana, rumah saya di jalan amprong

    Suka

  7. oi mas…
    aku kidal..
    kadang senang jadi pusat perhatian, kadan pula sebel karena ditanyain pertanyaan bodoh..
    “lo kalo cebok pake tangan apa?”
    biasanya saya jawab “pake tangan saya sendiri”.
    keluarga saya semuanya kidal, dari mulai papa, mama, dan ke2 adek saya.
    baru tau, setelah beberapa minggu kita kenal ternyata sampean tuh yang ini tho orangnya…
    [kapan buber ngalam??]

    Suka

  8. fakta-fakta kidal (left-handed):orang kidal beda struktur otaknya(otak kiri jadi kanan?),orang kidal cederung make otak kanan,dalam hal kesehatan orang kidal lebih cepat sembuh dari penyakit,dll.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s