Saya Lebaran hari Senin 23 Oktober 2006

Sudah menjadi hal yang biasa ketika akan datang waktu untuk menentukan datangnya 1 Syawal -di Indonesia khususnya- terjadi perbedaan waktu karena ada perbedaan cara menentukan datangnya bulan Syawal tsb. Adalah dua metode yaitu rukyah dan hisab, dimana disini kita kenal yang melakukan metode rukyah adalah NU sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia sedangkan Muhammadiyah melakukan dengan metode hisab.

Dengan menggunakan hisab (perhitungan astronomi) pihak Muhammadiyah telah dapat menentukan terlebih dahulu kapan datanganya 1 Syawal yang untuk tahun ini bertepatan dengan tanggal 23 Oktober 2006. Sedangkan NU dimana hari ini (malam) tadi bersama dengan Pemerintah (Departement Agama) memutuskan bahwa 1 Syawal bertepatan de ngan tanggal 24 Oktober 2006.

Dengan adanya perbedaan ini maka umat Islam di Indonesia melaksanakan lebaran pada 2 waktu yang berbeda, saya sendiri beserta keluarga memutuskan untuk mengikuti sholat Ied tanggal 23 Oktober (senin besok). Kebetulan memang takmir masjid yang kami ikuti adalah dari Muhammadiyah.

Ada artikel menarik tentang perbedaan ini yang ditulis oleh Alex Budiyanto di blog nya, demikian juga dengan komentar-komentar yang ada. Semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih tentang permasalahan ini. Saya pribadi masih cukup awam sehingga masih kurang pantas untuk berkomentar terlalu jauh. Yang jelas saya besok senin berlebaran bersama keluarga 🙂

Alhamdulillah lebaran tahun ini bisa dilaksanakan bersama-sama keluarga besar, orang tua saya, adik, kakak+kakak ipar dan ponakan, sebuah kesempatan yang sangat jarang terjadi. Sedikit ada rasa sayang adanya perbedaan ini karena seseorang yg dekat di hati ini (.. ehem .. ) kemungkinan besar berlebaran hari selasa.

Other related articles:
Big Mosques, Grounds Readied for Eid Prayer
Mengapa Berbeda Hari antara Indonesia dan Arab Saudi
Penetapan 1 Syawal, Kenapa Beda?
Idul Fitri Ganda dan Egoisme Kita
Perbedaan Pendapat dalam Penentuan Awal Syawal oleh H Asjmuni Abdurrahman

4 responses to “Saya Lebaran hari Senin 23 Oktober 2006

  1. Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1427 H. Semoga Iedul Fitri kali ini kita menjadi hamba2 ALLAH yang meningkatkan takwa kepada Nya, amiiin…. Saya solat Ied tgl 23 Oktober di Al Azhar. Saya menghormati yang solat Ied 24 Okteber, karena masing2 ada dasar2 yang bisa dipertanggung jawabkan oleh pemimpin2 kita. Yang saya pikir masih kurang masuk akal adalah : Solat Ied tgl 24 tapi tidak puasa tgl 23, saking bingung nya, mau puasa takut haram, mau solat Ied takut masih Ramadhan. Hehehe… kalo saya usul, kalau lain kali masih beda, harus konsisten dong dengan keyakinan. Kalo Ied tgl 24 ya tgl 23 harus tetap puasa. OK deh saudara2ku, selamat merayakan kemanangan. Makasih bang Sandy dan bang Alex untuk mengakomodasi suara kita2.

    Suka

  2. Dengan hati seputih kokain, sebening vodka dan seharum mariyuana, dengan tulus mohon agar dimaafkan segala kesalahan walaupun sekecil extacy.

    he..he.. kayak junkies yak..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s