Network aneh di pagi hari

Mulai hari pertama masuk kantor tgl 30 Oktober kemarin ada yang aneh di network di sini. Anehnya, sekitar jam 8 pagi sampai jam 9-10-an koneksi ke Proxy selalu down, putus-putus, kalaupun nyambung (dengan melakukan Ping) itupun paket yang terkirim tidak lebih dari 50%. Hari pertama kita biarkan sampai sekitar jam 9.30 ternyata “sembuh” dengan sendirinya. Hari kedua, juga sama, kita biarkan lalu sekitar jam 9-an berjalan normal. Hari ketiga, karena agak terlalu lama tidak sembuh maka saya coba cek kabelnya (sebelumnya saya cek Proxy-nya sepertinya tidak ada masalah), saya coba pindah pindah colokkan kabelnya dan kadang nyambung kadang nggak, lalu saya ganti kabelnya, eh.. langsung normal. Waktu itu saya pikir “waa ini ternyata yg bikin masalah… kabel!!”, tapi ternyata hari ini, hari ke empat, masalah itu terjadi lagi .. (arghh!!). Apa mungkin Hub/Switch nya yang bermasalah? kalau memang iya lalu kenapa selalu terjadi sekitar jam 8-10-an ?? Setelah diteliti lebih dalam dengan bantuan teknisi (maklum saya kurang begitu paham masalah networking), kemungkinan besar yang menjadi penyebab masalah ini ada pada Switch yang ada di ruangan saya karena ternyata koneksi dari ruangan lain ke Proxy tidak bermasalah. Ganti Switch yg baru? ng… berhubung boss lagi belum datang (masih holiday).. so .. tunggu boss dulu deh đŸ™‚  kebetulan ni juga udah jam 9-an, waktu dimana koneksi sudah (biasanya) lancar kembali. Koneksi yang aneh! ada waktunya kumat sama waktu sembuhnya… hahahahah…

huff….. cape’ deee….

Technorati Tags: , , , ,

Tinggalkan Balasan

