False Alarm terhadap PCMAV

Dalam beberapa komentar dari postingan saya tentang virus khususnya yang membicarakan PCMAV, banyak yang mengeluh/heran (termasuk saya sendiri) kenapa kok PCMAV dianggap sebagai virus oleh Antivirus yang sebelumnya telah terinstall di system. Ini tanggapan dari si pembuat PCMAV

AVG & NOD32 Mendeteksi PCMAV sebagai VirusKami mendapat banyak laporan dari pengguna PCMAV mengenai terdeteksinya file PCMAV sebagai virus/trojan oleh AVG dan NOD32. Perlu diketahui, laporan yang masuk tercatat dari AVG Free dan NOD32 bajakan (selain NOD32 resmi, hanya ada versi trial, tidak ada yang free version).

Sehubungan dengan laporan tersebut, selama berasal dari CD/DVD Majalah PC Media maka kami menjamin bahwa PCMAV tidak bervirus. Hasil pendeteksian oleh kedua antivirus tersebut dipastikan merupakan false alarm akibat kekurangakuratan fungsi heuristic yang mereka gunakan.

Kami tentu menyayangkan atas ketidakakuratan ini, untuk itu silahkan Anda uninstall kedua antivirus tersebut. Kami menyarankan di dalam 1 PC sebaiknya hanya menggunakan PCMAV + ClamAV yang sudah lebih dari cukup untuk mengatasi virus yang banyak menyebar di Indonesia. Tetapi, jika Anda masih tertarik dengan kedua antivirus tersebut, silahkan menghubungi pembuatnya agar mereka dapat segera memperbaiki cara pendeteksian di antivirus mereka masing-masing. Atau, acuhkan saja hasil pendeteksian mereka terhadap PCMAV.

Sulit bagi kami mengembangkan sebuah antivirus yang kompleks dan handal jika harus selalu menyesuaikan diri dengan antivirus luar, apalagi antivirus luar kurang cocok untuk kondisi di Indonesia. Jika salah pendeteksian terhadap program lain terjadi pada PCMAV, maka kami memiliki kewajiban untuk memperbaikinya, begitu pula yang kami harapkan dari antivirus lain.

Ke depan, untuk menghindari kesimpangsiuran semacam ini, maka di setiap rilis terbaru PCMAV akan kami sertai dengan nilai checksum MD5 untuk memastikan keorisinilan file-filenya. Terimakasih atas kepercayaan dan kesetiaan Anda kepada PCMAV.

UPDATE

Pihak AVG telah meminta maaf atas terjadinya kesalahan deteksi ini
http://virusindonesia.com/2007/05/31/avg-meminta-maaf/

Iklan

12 responses to “False Alarm terhadap PCMAV

  1. Ping-balik: Sandy’s Blog Panduan menggabungkan dua kekuatan PCMAV dan ClamAV «·

  2. tapi kan sistem antivirus mereka berdua berbeda…
    dua PCMAV bisa disandingkan sama antivirus lain tanpa ada gangguan…..

    kalo antivirus yg lain sih memang gak bisa disandingkan….

    Suka

  3. mendingan dibarengin dengan avast aja dibandingkan dgn Mcafee kan keren tu. trus tambah CAV, smad AV, ansav + E . kan keren kalo dibarengin banyak banyak gitu n saya udah coba . tapi komptr ku jadi lambat sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii heheheheheheh

    Suka

  4. Ping-balik: Panduan menggabungkan dua kekuatan PCMAV dan ClamAV « PostBlog·

  5. kenapa aja gak pake linux yang jelas2 free from virus…hehehe, gak pusing2 deh pikirin virus+antivirus, untuk server OK desktop juga OK, apalagi sekarang ada UBUNTU 7 yang keren abiz.

    Suka

  6. Ping-balik: GABUNGAN DUA KEKUATAN ANTIVIRUS GRATISAN (PCMav DAN (ClamAV) « Mazpur’s Weblog·

  7. mas pcmav rc 24 ku sdh lengkap semua downloadnya ( sesuai petunjuk )tp waktu menjalankan pcmav cln kok clam av nya gak jalan. Disitu tertera virus yg bisa terdeteksi cuma 1513 virus. apa ada yg salah waktu download clam avn ya .tks

    Suka

  8. clamav nya ga terintegrasi nih mas…. muncul message window :
    ‘cl_cvdverify: database is not valid’,

    kenapa ya mas? di kompiku udah ada avg, apa karena itu ? trims

    Suka

  9. Ping-balik: menggabungkan 2 kekuatan PCMAV dan ClamAV « sepoeloeh liema·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s