Panduan menggabungkan dua kekuatan PCMAV dan ClamAV

Panduan ini sebetulnya sudah ada pada file README.txt yang disertakan bersama progam antivirus PCMAV, namun mungkin ada yang tidak tahu atau bingung bagaimana caranya menggabungkan kekuatan PCMAV dengan ClamAV.

Langkah-langkahnya:

  1. extract dulu PCMAV terbaru (pastinya donk!) ke dalam sebuah folder/direktori, bagi yang belum punya silahkan download di sini atau beli Majalahnya 😀
  2. Download file “TClamav.0.1.1.zip” dari alamat ini
    http://prdownloads.sourceforge.net/visualsynapse/TClamav.0.1.1.zip?download
    pilih server (mirror) mana yang akan anda download. Secara default Anda akan diarahkan ke server Australia tapi sepertinya agak lambat maka saya pilih server Asia > Taiwan
  3. extract file tersebut lalu ambil file “libpclamav.dll” (yang lain tidak perlu) kemudian taruh ke dalam folder di mana PCMAV Cleaner/RTP berada.
  4. Download (2 file) Database virus ClamAV dari alamat ini
    http://db.local.clamav.net/main.cvd
    http://db.local.clamav.net/daily.cvd
    (klik kanan lalu “save as..” atau “save target as..”)
  5. Taruh 2 file tersebut ke dalam folder dimana PCMAV Cleaner/RTP berada. Pastikan semua file (8 file) ada di folder tsb.
  6. Jalankan PCMAV-CLN.exe, Anda akan dapat melihat informasi mengenai database ClamAV

    Anda juga dapat melihat informasi penggunaan database ClamAV ketika menjalankan PCMAV-RTP.exe

Catatan:
Jika sebelumnya Anda telah memiliki (memasang) Antivirus (Norton, AVG, NOD32, McAfee dsb), untuk menghindari false alarm atau menyebabkan PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan Anda matikan (uninstall) terlebih dahulu.

Update:
PCMAV terbaru (mulai dari RC14) sudah tidak menggunakan file  rtphook.dll dan rtpscan.dll

Ikuti perkembangan terbaru dari PCMAV di SINI atau di SINI

Technorati Tags: , , ,

146 responses to “Panduan menggabungkan dua kekuatan PCMAV dan ClamAV

  1. Mas, saya mau minta tolong dong, kan komputer saya baru aja diformat ulang gara-gara kena brontok, trojan dan segala macamnya itu.. nah baru seminggu diformat udah kena virus lagi, virusnya itu kalau kita mau bikin new foldr pasti berubah namanya jaid nama2 brung kyk pigeon, crow, woodpecker, dll.. itu virus apa ya mas? kok ga kedeteksi sama AVG saya? bisa diilangin pakai PCMAV ga?? tolong bgt reply as soon as possible.. soalnya saya ga mau virus ini semakin parah.. terus kalau udah download PCMAV , antivirus saya yg lama (AVG) , dihapus ga mas? makasih bgt ya!!

    Suka

  2. maaf mas, nanya lagi..kok udah saya scan pke PCMAV CLN , virusnya enggak ke deteksi ya? jadi pas saya scan biasa aja giut, kyk ga ada virus.. padahal saya tau ada virus, krn setiap saya mau bikin new folder pasti sdh ke rename sendiri pake nama-nama burung.. thanks !

    Suka

  3. Mas, sebenernya main.cvd itu didapat dari download dari webnya clamAV or dari CD PCMedia sendiri!.Cos waktu kubuka panduan dari readme-nya di suruh dari CD PCMedia itu ndiri. Waktu q gabungin gak jalan deh! pake PCMedia 22. Please tolong dong cos virus di komputerq makin gila ja!!

    Suka

  4. Apa blue fantasy dapat menghalangi atau merusak aplikasi data base (misal: nexus atau bordland). Komputer saya terkena virus tersebut, dan aplikasi data base berbasis nexus dan borland yang saya pakai sama sekali tidak bisa dibuka. Yang muncul tampilan (erorr $2108).
    Bagaimana mengatasinya tanpa harus menginstall ulang aplikasinya. THank……………. kukuh

    Suka

  5. mas, saya mo nanya, kalo kita udah masang antivirus lain seperti AVG, aman ga kalo kita make 2 antivirus sekaligus, bukan pas installnya, tapi ntar kedepannya, bakal bikin berat komputer ga?soalnya ada temen yang bilang PCMAV ga bakal berpengaruh, ga bikin lemot gitu, bener ga tuh????

    Salam Kenal,

    Suka

  6. mass, saya kena virus kamasutra n bluefantasy dan sudah di scan pakai PC MAV RC23 tapi kok ngak mau hilang yang di Resore/temp. saya sudah scan via savemode n normal tapi sama saja hasilnya.

    Suka

  7. mass, saya kena virus kamasutra n bluefantasy dan sudah di scan pakai PC MAV RC23 tapi kok ngak mau hilang yang di Resore/temp. saya sudah scan via savemode n normal tapi sama saja hasilnya. komp saya pakai window milenium. trimakasih ya atas bantuannya

    setahu saya sesuai pengalaman pribadi juga bahwa PCMAV sudah bisa mengatasi bluefantasy dengan bersih dan baik, namun jika masih bermasalah anda bias mencoba antivirus ANSAV, bisa di donlot pada link yang saya sediakan di pojok kiri atas

    Suka

  8. Ping-balik: Download PCMAV RC 24 atau RC24 « mumtazanas·

  9. Mas sandy,kalo mau save database clamAv itu savenya dengan extension apa atau otomatis ter save dengan extension cvd?tolong mas dijelasin dengan jelas karena aku masih baru dalam hal ginian.Thank’s sebelumnya!!!

    langsung aja downloadnya pake klik kanan, piih “save as..” atau “save target as..” dan tanpa melakukan perubahan apa pun, extension tetap .cvd

    Suka

  10. Mas,kok penjelasan yang saya minta belum ada?kalo bisa cepat yah mas.Thank’s!!!Sebelumnya nick saya pake Reyanld tapi ini yang benernya

    mas mas, ini bukan chating, jadi komentar yang masuk tidak saya terima secara realtime, dan saya sendiri tidak berada di depan komputer selama 24 non stop

    Suka

  11. mas,,saya dah ngelakuin smua panduan menggabungkan pcmav dan clamav!!!
    tp ko informasi database clamavnya g kluar y..
    knp y???
    trus karena skrng dah dianjurkan untuk tidak mmaai rtphook.dll dan rtpsscan.dll..
    jd saya hps mas..
    itu berpengaruh g mas??
    mksh y mas..

    bukan disarankan, tp memang setelah edisi PCMAV 14 kalo tidak salah, memang kedua file tersebut sudah tidak ada, saya jelaskan diartikel diatas supaya tidak bingung, karena ada beberapa orang yang bingung “loh PCMAV saya kok gak ada file rtphook dan rtpsscan nya?” .. ya jelas g ada la memang sudah tidak digunakan lagi sejak versi 14, posting saya di atas itu saya tulis sesuai versi PCMAV yang beredar saat itu yg masih menggunakan kedual file tersebut

    Suka

  12. pcmav kan ngambil clamav… setahu saya clamav itu milik linux… jadi ada pemaksa’an… bukannya membedakan atau gimana… keknya kalo dibandingkan sama ansav terleawat jauh… soalnya signature virusnya asli milik linux… hehhee….

    ya aslinya tergantung tiapo orang juga sih… kalaupun disuruh memilih… mungkin saya memilih tidak memakai antivirus… hanya memakai deep freeze dan pemakaian otak…

    Suka

  13. mas…. abis ngerun pcmav cln hasinya di pcmav informations virus signaturenya uda nyampe 200.000 an gitu tapi di informasi launch menu pcmav kok masi virus signaturenya masi 1500an gitu dan pcmav rtpnya bulum ada tulisan + clam av is on…???? gimana ya mas????

    Suka

  14. alo, bang… aku kmaren bru dpt kasus PC ngrestart setelah nge-Ok kan sebuah message box.
    Jadi prosesnya gini. booting awal ga ada windows screennya. blank, lalu lgs nongol messege box itu (duh, aku lupa isinya apaan bang). setelah di OK lgs restart!! pye…? pirus po yo?

    aku coba lwat safe mode ga bisa, repair windows, tetep aja…

    terimakasih…

    Suka

  15. halo bang…mau tanya nih kalo komputer sering hang trus muncul blue screen dengan tulisan IRQL Driver Not equal
    beginning dump to memory itu virus bukan. di drive directory ada hidden folder ; system volume information dan recycled.
    mohon bantuannya makasih so much….

    Suka

  16. ass.wr.wb
    sory ne!!
    ganggu sedikit.
    saya bingung, ketika saya scan kompi saya dengan pcmav, hasilnya tidak ada virus yang terdeteksi.Tapi kmop saya tidak bisa menjalankan : task manager, run dan folder options!
    itu kenapa yachh….!????

    Suka

  17. allow mas sandy..lam knl y..
    gini mas..aye dah brhasl mengintegrasikan pcmav1.3+clamav..dan di rtpnya juga dah (on) kebaca..tapi ketika saya memakai pcmav cleaner nya kok ga bisa y..keluar alert gto..dan ga keluar buat scaningnya..apa cleanernya (pcmav nya) terkena virus ya mas sandy ???klo iya solusinya gmn?..thx b4..bangkit indonesiaku mlwan pnjajahn vrus..n bangkit jg wat mas sandy..

    Suka

  18. allow mas… gimana gunain parameter di pcmav??? gw bingung dah gw otak-atik msh bingung juga. buat definisi virus sendiri

    sandynata,
    parameter apa ya mas?

    Suka

  19. sori mas ada yg kurang :). gimana sih bwt antivirus definisi sendiri

    sandynata,
    waduh mas saya g bisa bikin antivirus…

    Suka

  20. kenapa yah, PCMAV sering terdeteksi sebagai virus ” Mr.coolface ama ANSAV dan ANTIVIRUS luar negeri ????

    kk sandy bisa meneruskan pertannyaan ini ke pihak PCMAGAZINE ???? ^^

    thanks

    sandynata,
    coba baca baik2 artikel saya di atas, sudah saya jelaskan juga masalah tersebut

    Suka

  21. Maaf mo tanya apakah PCmav 1,4 dan clamav 3,4 ada updatanya ? maklum msh pemula

    sandynata,
    anda ambil saja PCMAV versi terbaru, saya sudah sediakan juga di blog ini

    Suka

  22. pC mav 1,4 dan 1,6 bedanya tentang apa ? maaf mash pemula, mohon di jawab.

    sandynata,
    ya beda versinya mas, yang angkanya gede itu versi terbaru, kalo namanya antivirus ya versi terbarulah yang harus kita pakai

    Suka

  23. wduh… ngk psing nh… instal antivirus avg.. lum slesai instal. dah rollback lagi..
    akhirnya ngk bsa instal antivirus nh..
    kira2 ada solusinya ngk y k?
    selain format ulang..
    heheheh

    Suka

  24. numpang nanya neh…
    setau saya virus signature & virus definitions itu beda.
    2 file “Main.cvd” & “Daily.cvd” itu ‘kan update virus signature.
    trus yg mo saya tanya, gmn cara “UPGRADE” virus definitions untuk versi engine RC19 Realtime Protector???
    karena selalu muncul “…out of date.”
    TenQyu…

    <>

    Suka

  25. mas help me dong gmn caranya menghilangkan virus yg tdk terdeteksi oleh avg,nod32,avira,mc afee tp klo pcmav terdetect tp file locked by another application dan yg anehnya semua pogram yg aq install atau remove pasti ga’ ada setelah di restart,tolong bantuannya y…….

    Suka

  26. Mas…,blh numpang nanya, saat ini portable hardisk saya terserang virus.sy ga tau nanya virusnya apa. sy br sekali ini menemukan virus yg spt ini. tp hny folder yg diserang ama virus itu. semua FOLDER, dibuatnya menjadi shortcut. file folder yg sktr 60 GB, diubahnya mnjadi 2 kb. saat folder shortcut itu di buka, virusnya tersebar ke seluruh komputer. soal komputer sy bs format ulang, tp virus yg di portable hardisk tdk bs di delete.sy sudah mencoba menggunakan PCMAV, jg antivirus yg lain yg terupdate tp gak ampuh…thx b4

    Suka

  27. mas bisatolonggabungkan gak nih, bisa ya, aku sudah usaha tapi kaya’nya susah banget. apalagi pcmav nya pakai zip jadi susah, malah dapat yang ragnarog bukan yang cln

    Suka

  28. mas, apakah AV ini bisa ngehapus virus tanpa menghilangkan file EXE nya… komp ku lagi kena virus win32/virut nih… tolong bantuannya ya?

    Suka

Tinggalkan komentar