Lagoe Indonesia Raja jang aseli

Nggak kaget-kaget amat mendengar berita ditemukannya lirik/sya’ir lagu Indonesia Raya yang asli, sama seperti pembaca detikinet yang dimuat disini. Alasan saya juga mirip-mirip dengan mereka, namun bedanya kalau kebanyakan mereka memberi bukti berupa klip di youtube, nah kalau saya sebenarnya sudah pernah melihat beberapa tahun yang lalu di internet naskah lagu Indonesia Raya dalam bentuk file gambar (JPG), saya lupa linknya , seingat saya lirik yang ada pada file gambar yang saya lihat pun sama dengan yang ditunjukkan oleh si you-know-who ini di media massa.

salah satu klip yang ada di youtube, tanggal December 19, 2006
http://www.youtube.com/watch?v=6QvyLkdl1_s

di tempat lain (dapet lewat googling)
http://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Raya
http://en.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Raya
http://www.geocities.com/SoHo/1823/national/wajib/indoraya.htm
http://david.national-anthems.net/id.htm
http://www.national-anthems.net/countries/index.php?id=ID
http://www.lyricsondemand.com/miscellaneouslyrics/nationalanthemslyrics/indonesianationalanthemlyrics.html

update
ah dapet juga nih file gambarnya 🙂
http://david.national-anthems.net/id~.jpg

Naskah asli Indonesia Raya

update (link dari mas ryo)
peraturan pemerintah no 44 tahun 1958, tentang lagu kebangsaan indonesia raya
lagu kebangsaan “⅓ indonesia raya”, 17 agustus 2005

update
dagelan yang nggak lucu oleh you-know-who

Kontroversi lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman mencuat setelah Roy Suryo menyatakan lagu Indonesia Raya sudah ada sejak 1740.

Pakar telematika tersebut menyatakan telah memburu data otentik dan referensi yang menunjukkan lagu Indonesia Raya sudah ada sejak 1740.

update

MetroTVLAGU INDONESIA RAYA VERSI UTUH DITEMUKAN

Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan dalam berbagai upacara kenegaraan selama ini ternyata bukan versi lengkap yang diciptakan Wage Rudolf Supratman.

lagi-lagi, media massa kita masih malas melakukan check dan re-check terlebih dahulu

update
Mungkin perlu DIGARIS BAWAHI, penemuan yang dianggap BARU oleh tim yang dipimpin si Oom (katanya) adalah berupa Dokumen (rekaman film) asli, bukan penemuan LIRIK ASLI dimana sebetulnya lirik aslinya sudah diketahui sejak dulu, dan rekaman (copy film) nya juga sudah tersebar sebelum ditemukannya rekaman asli oleh tim tersebut.

update
tanggapan pembaca di MIO  – Rekaman Asli Lagu ‘Indonesia Raya’ Ditemukan

Itulah kita, semuanya didunia ini memang “sudah ada”, hanya ada yang tahu kemudian berani “memberitahu” yang lain, ada yang tahu tapi cuek aja, ada yang tahu pura2 gak tahu, ada yang tahu gak berani “beritahu”. Nah Roy Suryo meski ‘terlambat’ dia berani “memberitahu”. Paling tidak “pemberitahuannya” memberikan pencerdasan bagi yang belum tahu, dan membangkitkan mereka yang sudah tahu “untuk komentar”.

pengirim: 2222abs

masalahnya bukan peduli/mau atau tidak peduli/tdk mau dan berani atau tidak mengungkap adanya lagu itu.Pola pikirnya adalah kalau di internet ada yg punya tentu arsip nasional pasti ada. jadi yang ditemukan RS adalah ternyata mampu mengetahui kalau arsip nasional belum puya, shg seolah2 itu penemuan (nya)yang baru.

pengirim: sakar

jadi jelas disini, kita-kita yang (katakanlah) memprotes pengakuan si Oom ini dilandasi dari kenyataan bahwa Lirik Asli sudah diketahui banyak orang (walaupun tidak semua rakyat bangsa ini mengetahuinya), tayangan rekaman lagu asli juga sudah tersebar di internet. Masalahnya bangsa ini masih terbelakang tentang internet jadinya banyak yang nggak ngeh kalo banyak dokumen bangsa ini yang di publish di internet dan gak sampe 5 menit dengan google kita bisa menemukannya.

Saya pikir orang orang di Arsip Nasional AMAT SANGAT PERLU SEKALI diberi pelatihan tentang internet, sehingga bisa lebih mudah jika ingin menemukan dokumen nasional yang mungkin selama ini tidak berhasil ditemukan, contohnya ya kasus ini.

update
detikRoy Suryo Dipanggil Menbudpar dan Mensesneg

Terhadap tuduhan bahwa penemuannya tidak baru, Roy malah balik mempertanyakan kenapa tidak pernah diungkap sebelumnya. “Ada di mana lu? Kenapa mereka baru ngomong sekarang. Itu kan seperti pahlawan kesiangan,” kilahnya.

kampret! lha mana tau kite-kite ini kalo ternyata NEGARA payah sebetulnya tidak memiliki dokumen semacam itu SECARA sudah banyak orang yang mempublish dokumen tersebut di internet sudah lama!

nih satu lagi bukti bahwa kite-kite udah lama ada yang publish (tengkyu lut!)
http://yulian.firdaus.or.id/2005/03/09/hari-musik-nasional/

elo aja yang pinter cari muka .. dul!

Technorati Tags: , , ,

Powered by ScribeFire.

7 responses to “Lagoe Indonesia Raja jang aseli

  1. kira2 bakal dipake ga ya lagu ini…
    panjang amat, untung dah lulus sekolah

    ada kata2 you-know-who kirain si Voldemort [LOL]
    taunya…

    Suka

  2. Ping-balik: Indonesia Raya - sejarah yang terlupakan atau sengaja dilupakan? « Sandy’s Blog·

  3. Jujur saja. Lebih terenyuh bercampur berkobar-kobar rasa nasionalis saya dgn versi Indonesia Raja yg ini !
    Paling tidak bs dijadikan ringtone bwt kita yg merasakan hal yg sama saya rasakan …. M E R D E K A !!

    Suka

  4. terserah!!! yang asli yang mana kita juga ga tau!!! karena udah ada aturan main nya kalo ga salah tercantum dalam PP no. 40 th. 1958 ato PP no. 44 th. 1958. terserah mau asli apa nggak, tapi dari taon 1958 dah ada keputusan presiden soekarno jadi, kesimpulannya kita harus ikut aturannya yang sesuai th. 1958. Untuk itu, mari kita kaji kembali sejarah indonesia. tapi juga sayang, kakekku dah meninggal jadi aku nggak bisa tanya ma kakekku. sebagai informasi, kalo kakekku itu adalah veteran yang dah pernah ikut perang kayak gitu. OK!!!!!! yang terpenting, kita harus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia. mungkin kita bisa tanya apa pendapat para PASUKAN PENGIBAR BENDERA PUSAKA atau disingkat PASKIBRAKA di daerah masing-masing. OK!!!!!!!!
    itu saja pendapat saya.

    sekian. from adit. SMA Muhammadiyah 1 yogyakarta

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s