Hoax – #90 Penipuan Telepon

Dapat informasi dari pembaca, Sdr. Koko yang mempertanyakan kebenaran pesan dibawah ini:

Jika anda menerima panggilan telepon dari seseorang dengan no.telp yang tidak dikenal atau terdaftar, berkata bahwa dia (pria / wanita) berasal dari divisi engineering/ teknisi perusahaan salah satu vendor /operator cellphone yang ingin memeriksa sambungan telepon atau sinyal atau dengan alasan apapun, dan selanjutnya dia berkata bahwa kita harus menekan tombol # 90 atau #09 atau nomor apapun (bisa juga dengan kode huruf), secepatnya matikan / putuskan sambungan telepon tersebut tanpa menekan tombol yang mereka minta. karena saat ini ada penipu-penipu yang menggunakan peralatan dimana jika anda menekan tombol #90 atau #09 maka penipu-penipu tersebut dapat mengakses SIM card telepon kita dan mereka dapat menggunakan line anda dengan dan atas biaya anda. Mohon forward email ini..beneran kok..

ok, seperti biasa secara cepat kita bisa melihat indikasi bahwa informasi ini mirip/sepertinya hoax adalah terdapat kalimat sakti “Mohon forward email ini” 😀

nah, untuk lebih “ilmiah” nya lagi silahkan baca referensi yang mengklarifikasi bahwa pesan ini adalah hoax atau lebih tepatnya adalah sebuah scam

urbanlegend – The #90 Telephone Scam
snopes – #-9-0 Phone Scam
hoax-slayer – Nine Zero Hash Phone Scam Hoax
trendmicro – #90/09 Cell Phone Warning Hoax
At&T – Find out about the 9-0-# phone scam
ct.gov – Don’t fall for the 90# telephone scam

Dari referensi di atas kita dapati bahwa pesan tersebut memang tidak 100% hoax, sebagian memang ada benarnya namun yang menjadikan pesan ini hoax adalah isinya yang terlalu melebih-lebihkan. Jika sebuah operator telepon ingin melakukan perbaikan mereka TIDAK AKAN PERNAH meminta kita (pelanggan) untuk membantu melakukan perbaikan/pengecekan dengan menekan (dial) nomor tertentu. Mereka akan melakukannya secara remote. Lagipula hal ini hanya akan terjadi jika telepon yang kita pakai menggunakan sistem PBX (seperti yang ada di pekantoran) dimana pada sistem ini biasanya penekanan nomor ‘9’ adalah merupakan sinyal untuk melakukan koneksi/sambungan telepon ke luar (outside line).

Powered by ScribeFire.

4 responses to “Hoax – #90 Penipuan Telepon

  1. Hati hati juga dengan penipuan gaya baru…
    Saya mendapat telepon dari 085727118253 yang mengaku bahwa mereka (lebih dari 2 orang yang berbicara) dari Kepolisian dan keponakan saya tersangkut suatu kasus. Untuk dapat membebaskannya saya harus menyetorkan sejumlah uang ke nomor rekening mereka.
    Yang menggelikan adalah :
    1. Nama saya tidak mereka ketahui.
    2. Mereka memastikan bahwa nomor saya didapat dari keponakan saya yang saat itu sedang ditahan.
    3. Keponakan tertua saya berumur 5 tahun dan sedang terlelap tidur dirumahnya.
    Saya berharap pihak Kepolisian yang sebenarnya dapat segera mengungkap kasus penipuan yang mencemarkan nama/citra Kepolisian dan dapat menangkap sindikat tersebut agar tidak ada lagi orang yang dirugikan karenanya.

    Suka

Tinggalkan komentar