Blogger Ngalam (Malang) the Beginning

Alhamdulillah tanggal 29 Desember 2007 kemarin menjadi hari yang bersejarah bagi Blogger Kota Malang, pada hari itulah diresmikannya pendirian Komunitas Blogger Ngalam (Ngalam = Malang). Berikut ini akan saya coba untuk menceritakan skenario pembentukan komunitas ini.

Diawali dengan diselenggarakan kopdar sekaligus bubar (buka bareng) tercetus ide untuk membentuk sebuah komunitas yang menaungi blogger yang ada di Malang, namun saat itu teman-teman masih fokus pada acaranya sendiri yaiu buka bareng, maklum udah pada laper😀, tapi paling tidak ini adalah langkah awal menyatukan visi bersama.

Berikutnya kita adakan lagi kopdar yang bisa dibilang agak dadakan, pada waktu itu kita kedatangan tamu dari Bandung yang kebetulan sedang jalan-jalan di Malang untuk melakukan Seminar/Workshop bersama Pak Ono W. Purbo. Sebelum beliau menghadiri Workshop tersebut malam harinya kita ‘culik’ untuk ketemu dengan blogger kota Malang. Tidak disangka juga blogger yang hadir cukup banyak, lebih-lebih lagi kita kedatangan tamu dari Komunitas blogger Surabaya dengan dipimpin oleh pentolannya (mas cempluk) membawa pasukannya lansung dari Surabaya menuju TKP (warung steak’n shake).

Hasil dari pertemuan malam itu kita menyepakati untuk melakukan rapat yang lebih serius untuk melanjuti niat bersama membentuk komunitas blogger. Rapat pertama dilaksanakan tanggal 1 Desember 2007 di kantor saya, berhubung yang rapat cuma 3 biji (saya, ale, kai),  kami belum dapat  membuat  keputusan konkrit, hanya berupa pengumpulan beberapa ide dan informasi saja. Kita sepakati untuk melakukan rapat lanjutan yang diharapkan bisa dihadiri lebih banyak blogger.

Menjelang rapat kedua ternyata ada kabar tak teduga dari UKM Jurnalistik STIE Malangkucecwara yang menghubungi saya utk menanyakan referensi pembicara untuk mengisi Seminar Blogging yang akan mereka adakan. Langsung saja saya menyambuti dengan gembira dan mengajak mereka untuk bareng-bareng dengan teman-teman blogger menyatu padukan kedua acara/kegiatan yang pada dasarnya memiliki korelasi yang sangat erat. Kami dari blogger yang masih bingung menentukan format acara, waktu dan tempat utk melakukan peresmian dan panitia Seminar dari UKM Jurnalistik yang belum mendapatkan pembicara yang cocok tentang Blog akhirnya menemukan sebuah hubungan simbiosis mutualisme😀 Maka jadilah sebuah kesepakatan untuk mengadakan seminar sekaligus peresmian komunitas blogger Malang pada tanggal 29 Desember 2007.

Alhasil, pada rapat kedua ini berlangsung sangat lancar, banyak hal bisa kita putuskan pada waktu itu, dan banyak blogger yang baru saya kenal datang pada rapat tersebut.

Rapat dilanjutkan lagi seminggu kemudian untuk membicarakan perkembangan dan kendala-kendala yang ada serta pemantapan beberapa agenda acara. Pada saat itu saya mengenal satu lagi pentolan blogger Malang yang kebetulan lebih banyak hidup di dunia Multiply :D  oia, sebelumnya ternyata mas yoyok (admin blogmal.com) menyempatkan diri datang untuk mensupport namun tidak bisa mengikuti rapat karena ada keperluan, Beliau ini merupakan generasi pertama komunitas blogger malang, dimana komunitas tersebut sudah tidak aktif lagi (belakangan kurang terkoordinir sehingga kesannya sudah tidak aktif), dan ini juga yang menjadi ide dasar pembentukan secara resmi komunitas blogger malang. Hadir dengan format yang lebih pasti dan agenda yang akan saling berkesinambungan.

Pada H-1, saya mendapat kabar dari panita bahwa ada undangan dari spinRadio (sebuah radio online di Kota Malang) yang juga merupakan sponsor kami utk melakukan wawancara pada sore hari jam 15:00 sampai dengan jam 17:00. Saya sempat bingung karena terbentur jadwal mengajar, tapi akhirnya saya mengorbankan kelas saya😀 toh materi sudah habis, minggu depan mereka sudah UAS.

Pada malam harinya kami mengadakan rapat terakhir. Sempat ada kekhawatiran di antara teman-teman akan suksesnya acara besok, karena masih ada beberapa permasalahan yang masih menggantung yang bisa mempengaruhi kegiatan, namun dengan optimis dan tetap berusaha sampai dengan titik darah penghabisan *halah* .. the show must go on!

Pada pagi harinya saya, ale, erwin, fiqih dan ritno menjemput Pak Budi Putra yang akan tiba di Bandara Abulrachman Saleh Malang. Sempat khawatir kita datang telat tapi ternyata pesawatnya yang telat (?) . Setelah bertemu dengan Pak Budi Putra yang selamat landing di Malang, kita langsung membawa beliau ke Hotel. Setelah check-in, rame-rame kita sarapan pecel yang cukup terkenal di Malang, yaitu pecel Glintung (bacanya: ngglintung). Sambil sarapan kita ngobrol banyak dengan sang seleb😀 sampai jam setengah 12 siang. Setelah itu langsung kita ajak ke tempat acara, STIE Malangkucecwara, sebuah kampus dengan bangunan unik dan nuansa yang asri dan sangat hijau ( ini beneran loh komentar dari pak Budi😀 )

Tepat jam 13:00 (lebih dikit sih sebetulnya) acara dimulai. Ulasannya baca di sini. Laporan via kronologger di sini.

note: berhubung saya lagi terkena virus ngantuk berat maka tulisannya sampai disini saja, besok-besok kalau memang ada hal-hal yang penting yang perlu disampaikan di sini (dan memang sebetulnya ada) akan saya update.. stay tune!!

Powered by ScribeFire.

26 responses to “Blogger Ngalam (Malang) the Beginning

  1. Selamat buat Blogger Malang, btw, kok namanya blogger Ngalam ya ? kenapa nggak pakai nama Malang aja ?, kenapa harus dibalik jadi Ngalam ? ….:) apalah artinya sebuah nama….hehehe…sukses deh !!!

    di malang dikenal ada yang namanya bahasa walikan (kebalikan), ini merupakan ciri khas malang, kata-kata dibalik pengucapannya, seperti:
    kadit = tidak, bakso = oskab, motor = rotom, mlaku-mlaku (jalan-jalan) = uklam-uklam

    Suka

  2. wahahaha…..akhirnya selesai juga tugazkuw buat bikin acara seminar…hehehe

    buat semua kaum BLOGGER terima kasih buuuuaaaaanyaaaaakkkkk yow…

    buat pa’ sandy, waduw tambah narzis aja nih pak…
    qta nyebut nama pak sandy lebih dari satu kali soalnya pak sandy yang sebenernya lebih pantez jadi keta pelaksana..hehehehehe

    pizzz pak…

    Suka

  3. Ping-balik: Laskar Ken Arok » Blog Archive » Tentang Komunitas Blogger Malang·

  4. wwooiii.. ada tmpat hotspot yg enak, cepet, nyaman lg!
    Kunjungi aja CafeNet di Jl.MT.Haryono 10/331 malang dinoyo Gg. Pancasila,, buat kalian semua yg sebagai pelajar yg ingin cari ebook, belajar ato diskusi pelajaran, ney.. CafeNet tempatnya yg pas bgt……….

    buat para blogger yg nimbrungx lama buat ngurus blogx masing2 bs dsini ney… free akses brow..

    Suka

  5. Ping-balik: Selamat Ulang Tahun ke-4 Blog sandynata.wordpress.com « Blognya Sandy·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s