Behind the scene – Malang Blog Rally 2008

Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada para pemenang dan ucapan terimakasih yang banya kepada seluruh peserta yang rela (terpaksa?) bersimbah keringat plus ngedumel gara-gara banyak permasalahan teknis yang dialami ketika pelaksanaan lomba juga mungkin misuh-misuh memprotes keputusan juri.

Lomba yang memang diadakan (diumumkan) cukup mendadak ini pada awalnya membuat panitia (tim KPDE) sedikit pesimis atas jumlah peserta yang akan bergabung. Namun publikasi yang dipasang pada bloggerngalam.com rupanya cukup ampuh untuk menarik peserta terutama dari kategori umum, sampai-sampai kuota peserta yang ditentukan sebanyak 10 tim terlampaui menjadi 12 tim (sayang 1 tim tidak datang).

Pada hari H-nya, peserta sudah nongkrong di depan laptop mungil yang disediakan oleh panitia di masing-masing meja. Panitia dari bloggerngalam (ame, vivi, ritno, noki) langsung bergerak menuju lokasi checkpoint. Pagi yang cukup cerah membuat sebagian tim kegerahan karena terkena sengatan sinar matahari namun tidak melunturkan semangat juang, hebat euy..

Pada awal pelaksanaan terdapat beberapa masalah kecil, ada kesalahan sedikit pada kertas kecil yang berisi panduan untuk mengakses server sehingga membuat peserta sedikit bingung karena tidak dapat mengakses server dengan sukses. Peserta membagi anggota tim, ada yang bekerja hunting ke lapangan untuk mencari berita dan ada yang tetap di tempat untuk mendesign blog.

Menjelang tengah hari tim yang hunting kembali ke lokasi untuk kemudian diolah menjadi bahan artikel/postingan di blog masing-masing. Kejadian yang cukup kritis terjadi! Koneksi ke server drop. Peserta satu persatu mengeluh “pak kok gak bisa posting?” “pak kok lemot banget aksesnya?” “piye ki bos?? ra iso posting aku” “haduh servernya njengking nih mana bisa posting“. Nah karena saya berada di tempat maka sayalah yang menerima keluhan2 tersebut (padahal saya cuma juri loh, yang tugasnya cuma menilai hasil blog masing-masing tim), tapi tetap saya layani, karena bukan pada tempatnya (saya juga ga ngerti kok bisa drop) maka saya menghubungi panitia teknis di lapangan.

Setelah di cek, maka panitia teknis memutuskan untuk melakukan hard-reset (restart server), dan koneksi nyambung lagi walaupun agak sedikit lambat. Kondisi ini tidak berjalan lama, lagi-lagi server tidak dapat diakses, hal ini berulang terus sehingga peserta kesulitan melakukan posting/upload blog. Selama beberapa jam peserta dilanda kegelisahan (mungkin ada yang muring muring), panitia teknis kemudian mengetahui penyebab terjadinya permasalahan ini yaitu adanya traffic upload (via ftp) yang cukup besar ke server yang menyebabkan server overload. Saya saja yang bukan panitia teknis sampai bingung sendiri menghadapi keluhan dari peserta (la terus piye rek aku dhewe yo ra ngerti lan ra iso opo opo… ) tapi tetap berusaha untuk memberikan informasi dan solusi kepada peserta/panitia lainnya sebisa mungkin. Anda kecewa? ya saya juga sama kok, kalo saya yang menjadi peserta mungkin bakal cerewet bolak balik protes ke panitianya hehehehe… 🙂

Panitia kemudian memberikan tambahan waktu yang pada awalnya sampai jam 3 sore akhirnya diperpanjang sampai jam 4 sore. Dalam kurun waktu tersebut ternyata tidak cukup berarti bagi para peserta, karena masih banyak artikel dan file yang tidak dapat terkirim ke server, dan akhirnya panitia memutuskan kepada peserta agar file/artikel yang belum sempat di upload untuk datang langsung ke ruang server di ruang KPDE Balaikota Malang.

Masing-masing perwakilan dari tim yang tidak sempat ter-upload materi blognya segera menuju ke Balaikota, dan kemudian meneruskan tugasnya di sana sampai sekitar pukul 7 malam. Akhirnya semua peserta sudah selesai membuat blognya. Saat itu juga saya dan juri lainnya langsung memberikan penilaian terhadap masing-masing blog. BTW, saya salut terhadap semangat juang para peserta yang sampai rela lesehan di Balaikota, berdesak-desakan di ruang KPDE yang mungil ituh..

Proses penilaian ternyata tidak gampang, namun kami memiliki patokan dasar untuk lebih menilai pada konten blog yang akhirnya hasil dari penilaian 5 juri memutuskan pemenang masing-masing kategori (sd,smp,smu dan umum).

Saya yakin bagi sebagian peserta mungkin ada yang kurang setuju dengan hasil yang telah ditetapkan, namun memang itulah keputusan dari juri yang saya harap bisa diterima oleh semua pihak, dan sudah menjadi ketetapan bahwa keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.. hihihihi…

Sekali lagi selamat kepada para pemenang, terimakasih dan mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh peserta atas semua hal/kejadian yang terjadi khususnya yang diluar kekuasaan dan wewenang saya dan panitia dari bloggerngalam.

go Blog! Makan-makan™!!

catatan:
sekedar informasi bahwa perwakilan bloggerngalam hanya bertindak sebagai panitia yang diperbantukan sebagai wakil dari komunitas untuk bertugas menjadi pembimbing di lokasi checkpoint .. and thats it!

3 responses to “Behind the scene – Malang Blog Rally 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s