Indonesia bukan negara pengekspor minyak

Bukan ikut-ikutan trend ngomongin naiknya BBM, dan juga bukan pro sana pro sini, cuma ingin memberi gambaran bagi mereka yang mungkin kurang informasi, yang selama ini masih merasa “Indonesia adalah negara Pengekspor Minyak”. Oke lah memang Indonesia masih melakukan ekspor minyak, tapi kalau dibandingkan dengan impor kalah jauh je..

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan banyak di internet dan di media masa lainnya, produksi minyak Indonesia kurang dari 1 juta barel perhari atau tepatnya 977.066 ribu barel per hari. Nah sekarang berapa kebutuhan minyak di Indonesia? Dirjen Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral S. Suryantoro menyatakan butuh setidaknya 1.3 juta barrel per hari. Sisanya dari mana? ya jelas impor je..

Dari dua variabel tersebut sudah jelas terlihat bahwa Indonesia masih bergantung kepada impor minyak dari negara lain. Presiden SBY pun sempat berencana untuk keluar dari OPEC, ya logis juga, karena kenyataannya kita bukan lagi negara pengekspor minyak, buat apa lama-lama gabung sama OPEC? Malah pada tahun 2004 sempat tercatat nilai impor minyak menembus angka tertinggi dalam sejarah Indonesia.

Sebetulnya Indonesia masih memiliki potensi untuk kembali menjadi negara pengekspor minyak dunia, karena masih banyak lokasi yang belum secara maksimal tereksplorasi minyaknya, seperti di Cepu. Jika eksplorasi Cepu berjalan lancar dan maksimal, maka jumlah ekspor minyak yang bisa dilakukan bisa hampir 6 kali lebih banyak daripada ekspor pada tahun 2006.

Lucu aja tadi saya baca-baca komentar pembaca detik pada artikelnya yang membandingkan harga BBM di Thailand dengan Indonesia. Masih banyak masyarakat Indonesia yang tenggelam dalam mimpi, dengan bangganya mengatakan “Indonesia itu negara pengekspor minyak”. Wake Up!

Dan lucunya juga ada yang membandingkan dengan BBM di Venezuela yang harganya katanya Rp 700/liter, haiya.. produksi minyak Venezuela jauuuuhh lebih banyak dari Indonesia bos! sungguh perbandingan yang lebih parah lagi..

Bukannya saya setuju dengan keputusan pemerintah menaikkan BBM, la ya sapa sih yang mau BBM mahal? tapi menurut saya itu adalah konsekuensi logis dari kondisi yang ada. Produksi Minyak Indonesia menurun dan tidak sebanding dengan kebutuhan dalam negri, harga minyak dunia merangkak naik kesetanan, penggunaan kendaraan bermotor bertambah berkali-kali lipat.

Saya sendiri sangat berharap realisasi eksplorasi blok cepu segera terlaksana, karena potensi yang begitu besar yang ada di bawah tanah Cepu yang diperkirakan mengandung minyak antara 600 juta – 1,4 miliar barel dan gas bumi sekitar 1,7 – 2 Triliun kaki kubik. Sudah pasti Indonesia akan lepas dari masalah minyak, amin.. amiin….

Waktu yang tepat untuk Bike to Work?🙂

tulisan lain:
peliknya arus bbm di Indonesia
minyak Indonesia

11 responses to “Indonesia bukan negara pengekspor minyak

  1. dowone….

    *speed reading and jump to conclusion*

    makanya,
    Just get outside and ride

    tumben yo aku ngepost rodok niat hahahaha…

    iyo ki jek ngumpulno duit, ngkok insyaAllah tuku sepeda onthel..

    Suka

  2. Tulisan yang bagus banget.
    Kita memang harus bangun dari mimpi. Ini bukan masalah Indonesia saja. Masih beruntung Indonesia adalah penghasil minyak. Lebih banyak negara yang tidak menghasilkan minyak sebanyak kita dan harus mengalami kenaikan harga minyak dunia yang gila-gilaan.

    Yang kaya harus bantu yang miskin.
    Hanya inilah solusi tercepat untuk membantu yang miskin untuk saat ini.

    Suka

  3. masih sedikit yang menyadari hal ini saya jadi berfikir dan menganalisa kembali memang ketergantungan kita sendiri besar terhadap BBM dan sampai hari ini baru bisa mencerca menuntut dan mendemo…….. wah jadi malu saya makasih om….

    Suka

  4. kita lihat, apa yang mampu dilakukan SBY & his genk sampai dengan tahun depan. apa iya BLT bisa nyelesaikan masalah ? smart card – pembatasan BBM ? lho gimana nih, lha wong ekonomi mau tumbuh kok BBM dibatasi … mbok ya produksi yang digenjot …

    kalo rakyat nggak puas, jangan pilih lagi tahun depan.

    Suka

  5. maaf mau info lengkap..
    Sebenernya waktu Indonesia jadi anggota OPEC,Indoneisa mengekspor minyak mentah atau minyak jadi(bensin,solar,minyak tanah)? dan negara-negara manakan yang bisa mengolah minyak mentah menjadi minyak bensin,solar dan minyak tanah? tolong jawaban diekpsos kesemua layanan internet spy rakyat dan bangsa Indonesia lebih tahu, lebih cerdas dan hemat BBM,trims..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s