Festival Malang Kembali (FMK) atau Malang Tempo Doeloe (MTD) Tahun 2012

Sebagai ajang tahunan yang sudah mulai menjadi ciri khas Kota Malang, Festival Malang Kembali (FMK) atau Malang Tempo Doeloe (MTD) Tahun 2011 akan diadakan pada tanggal 24 sampai 27 Mei 2012.

Sekilas tentang Malang Kembali

Malang kembali meroepakan seboeah arkeologi poeblic jaitoe arkeologi oentoek masjarakat (Noerwidi. 2006) jang berarti memboewat seboeah poeblikasi dan menjebarloeaskan hasil-hasil penelitiannja sehingga masjarakat dapat merasakan manfaat dari hasil penelitian beroepa dokoementasi baik beroepa aoedio, visoeal dan verbal. Di sini, program sosialisasi hasil dari penelitian sedjarah Malang kepada masjarakat oemoem dalam bentoek atjara boedaja dengan djoedoel Malang Kembali, Festival Tempo Doeloe, Festival Sejarah, Seni Boedaja jang di dalamnja berisi serangkaian kegiatan jang meroepakan rekonstroeksi kehidoepan masjarakat Malang pada suatoe waktoe tertentoe.

Kegiatan Malang Kembali VII meroepakan event ke -7 setelah Malang kembali 1 s/d 6 jang tijap tahoen diadakan. Dalam event ini atmosfer jang disoegoehkan adalah atmosfer tempo doeloe, moelai dari setting lokasi, dekorasi tiap panggung, dekorasi stand sampai dengan kostoem pengoendjoeng, semoeanja diboeat mendekati soesana tempo doeloe. Di sini pengoenjoeng dapat menikmati berbagai soegoehan antara lain panggoeng pertoendjoekan kesenian tradisional, lomba-lomba dan stand-stand jang mendjoewal makanan, minoeman dan sooevenir bernoeansa tempo doeloe.

http://fmk2012.inggil.org/

dengan semangat untuk menuju Kota Malang sebagai World Heritage City sebagai Kota Pusaka, maka tema yang diangkat pada Malang Kembali VII 2012 kali ini adalah MALANG, WORLD HERITAGE SITE menawarkan kesempatan untuk mendalami lebih jauh mengenai kekayaan warisan sejarah budaya Malang.

dan untuk tahun ini selain acara utama yang digelar di sepanjang jalan Ijen, terdapat juga dua acara pendamping yang tidak kalah menariknya, Sekolah Si Boedi, Pelajaran Boedi Pekerti di Sekolah, dan JATIDAYA, Kerja Bakti Budaya

Sekolah Si Boedi, Pelajaran Boedi Pekerti di Sekolah

Si Boedi merupakan serangkaian kegiatan Malang Kembali VII festival Tempoe Doeloe yang bertema “World Haritage Site” yang menghimbau kepada setiap lembaga pendidian baik tingkat SD,SMP, maupun SMA sekota Malang untuk memberikan pelajaran boedi pekerti kepada siswa-siswinya 1 jam perhari saat jam pelajaran selama 1 minggu di mulai pada tanggal 21 – 27 mei 2012.

Sekolah si Boedi

JATIDAYA, Kerja Bakti Budaya

djatidaya

Kegiatan Jati Daya merupakan rangkaian dari kegiatan Malang Kembali Festival Tempo Doeloe.  “Jati Daya” adalah suatu akronim dari istilah kerja bakti budaya. yang merupakan suatu aksi masyarakat yang peduli terhadap pelestarian benda cagar budaya khususnya bangunan-bangunan yang memiliki nilai-nilai sejarah. Kegiatan Jati Daya ini dilandasi oleh nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yakni semangat gotong-royong dalam bahasa Jawa saya/sayan yang berarti kerja secara sukarela dengan semangat kekeluargaan tanpa imbalan.  Salah satu kegiatan konkrit dari Jati Daya ini adalah melakukan kegiatan meremajakan benda-benda cagar budaya di kota Malang secara bersama-sama.

Jatidaya, Kerja Bakti Budaya

~~~

ada yang spesial pada helatan Festival Malang Kembali 2012 ini, kali ini dengan bangga Komunitas Blogger Malang Raya (bloggerngalam) menjadi media partner looh 🙂

ditoenggoe kamoe-kamoe kehadirannja

website: fmk2012.inggil.org
twitter: malangkembali
facebook: FestivalMalangKembali
youtube: malangkembali

2 responses to “Festival Malang Kembali (FMK) atau Malang Tempo Doeloe (MTD) Tahun 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s