Naik naik ke puncak gunung – Pemandian Air Panas Cangar #MalangUklam

Tour #MalangUklam kali ini bisa dibilang pengulangan (napaktilas) dari perjalanan yang pernah saya tempuh ketika saya masih duduk di kelas 3 SMP, dalam rangka ujian kenaikan tingkat beladiri dari sabuk putih ke sabuk kuning. Titik awal dan tujuan pun sama, dengan berjalan kaki, berangkat dari Desa Djunggo dan finish di pemandian air panas Cangar, jarak tempuh 10KM.

malanguklam tour de cangar

Pagi minggu kemarin saya mulai perjalanan dari jam 6.30, hanya dengan bermodalkan sarapan roti tawar dan dua telor goreng mata sapi. Setelah perjalanan yang berliku liku, naik turun (lebih banyak naiknya), hampir 3 jam berlalu akhirnya berhasil tiba di pemandian air panas Cangar.

Hari itu mungkin karena masih pagi, sekitar jam 9 lebih, suasana di pemandian tidak terlalu ramai. Saya pun masuk tanpa bayar tiket! … lha?🙂

Nggak tau kenapa, loket di gerbang utama tulisannya sih tutup, tapi pintunya terbuka, ya sudah langsung nyelonong aja hahaha…

Di dalam komplek pemandian saya cuma tengak tengok melihat dan mencoba menikmati pemandangan, yang ternyata nggak bisa saya nikmati. Penataan yang (masih) ala kadarnya dan air yang cuma hangat hangat kuku (masih lebih panas water heater di rumah) ditambah lagi dengan sampah yang berserakan di mana-mana, hanya membuat saya bertahan tidak sampai satu jam berada di dalam komplek pemandian ini.

Cukup disayangkan sebetulnya, di tengah pembangunan kota Batu yang makin maju, makin indah, makin rapih, ternyata pemkot Batu sepertinya melupakan tempat wisata pemandian air panas yang sudah tersohor ini.

malanguklam tour de cangar

Perjalanan pulang menjadi perjalanan yang sangat berkesan, karena saya kedinginan dan kehujanan. Setelah kurang lebih 15 menit basah kehujanan, akhirnya saya menemukan tempat berteduh di sebuah warung sambil beristirahat dan nyruput kopi susu panas.

tour de cangar

Dua jam lebih sambil ngobrol dengan pengunjung warung lainnya, hujanpun akhirnya reda, perjalanan pulang yang tinggal 5KM itu dilanjutkan. Jam menunjukkan pukul 14:30 dan saya pun tiba di rumah dengan selamat dan kelelahan, tapi puas!

Heh? Jalan kaki? Dalam rangka apa mas? Therapy?
teman ngobrol di warung

sejarah #MalangUklam | photo

13 responses to “Naik naik ke puncak gunung – Pemandian Air Panas Cangar #MalangUklam

Tinggalkan Balasan

