Derita Cabut Gigi, pakai BPJS, di Malang

kisaran bulan Maret lalu, dikejutkan dengan rasa nyeri nyat nyut nyat nyut di gigi. Rasa sakit itu muncul di area gigi depan bawah sebelah kanan, dan di sekitaran gigi geraham kanan bawah yang memang sudah lama keropos.

masih diliputi trauma yang belum hilang (pernah cabut gigi waktu SD/SMP, dan sakitnya luar biasa, sakit suntik biusnya), saya belum berani putuskan untuk ke dokter gigi,

hampir seminggu saya treatment dengan kumur betadine cair, akhirnya nyat nyut itu hilang

sayang, beberapa hari menjelang Ramadhan, sakit itu muncul lagi, dan lebih parah

pasrah, karena saya gak mau puasa terganggu, akhirnya saya putuskan ke dokter gigi, pakai fasilitas BPJS tentunya, gratis 🙂

ke dokter gigi pakai BPJS tidak perlu surat rujukan dari Faskes 1, bisa langsung aja nongol di klinik dokter gigi yang melayani BPJS

dan kebetulan klinik dokter gigi nya bersebelahan dengan Faskes 1 saya sih

nggak butuh waktu lama, antrian juga nggak panjang, akhirnya saya diperiksa. Setelah dilihat, diraba, diterawang… dokter bersabda “wah ini harus cabut, udah gak mungkin lagi kalau cuma ditambal, gimana? mau dicabut?”

“ya mau gimana lagi dok, kalo satu2nya cara biar sembuh harus dicabut, ya cabut aja” saya ngomong nya lempeng aja, tapi dalam hati bergejolak deg deg deg deg deg boom..

gak perlu saya cerita detail proses pencabutan giginya ya, sumpah, bikin kapok, horor! pake diogok ogok gitu lah,

ini penampakan giginya, saya bikin blur biar kalian yang baca blog ini gak geli hehehe…

foto gigi yang dicabut

lega…

oke, akhirnya gigi rusak itu telah putus hubungan dengan kehidupan saya, estimasi recovery maksimal 2 minggu, dan yang cukup mengagetkan, saya gak diresepin obat apapun, cuma disarankan “kalo nanti berasa sakit, minum panadol aja”… oke fine

sampai di sini pikiran saya, yang penting gigi rusak itu udah hilang, titik

namun sambil berjalannya waktu, saya mulai berpikir/mulai ngerasain, sambil mengenang proses di klinik gigi tersebut… pelayanannya memang cepat, tapi kok kayak buru2 ya,

kayak merasa dibeginikan “wes mari, ndhang moleh o”, nggak dikasih kesempatan untuk berdiskusi lebih/menyediakan waktu untuk konsultasi

dan yang bikin sangat berasa itu ketika beberapa hari kemudian (belum ada satu minggu sejak pencabutan gigi), saya konsultasi ke dokter gigi non BPJS

Berasa banget beda pelayanannya, bedanya? baca di artikel selanjutnya ya…

1 responses to “Derita Cabut Gigi, pakai BPJS, di Malang

  1. Ping-balik: Bersih-bersih rawat Gigi di Malang, gak pake BPJS | Sandy / suryadi / Nata·

Tinggalkan komentar