Radio internet terancam mati

Pernah mendengarkan radio via internet? atau malah rajin nyetel (seperti saya 😀 )? bersiap-siaplah karena “Masa depan Internet Radio sedang dalam bahaya.” Begitulah kalimat pertama yang saya kutip dari SaveNetRadio.org.

Pada jum’at 2 Maret 2007, pemerintah Amerika Serikat melalui Copyright Royalti Board (Badan/Lembaga yang menangani masalah Hak Cipta) membuat ketetapan tentang biaya royalti yang harus dibayar oleh penayang/penyelenggara Internet Radio kepada pemilik hak cipta rekaman untuk mengizinkan musik yang disiarkan secara online dalam kurun waktu 2006-2010.  Biaya yang harus dikeluarkan cukup besar sehingga diperkirakan akan melumpuhkan atau bahkan memusnahkan industri Internet Radio.

Biaya yang harus dikeluarkan adalah sebagai berikut:

  • $.0008 per play for 2006
  • $.0011 per play for 2007
  • $.0014 per play for 2008
  • $.0018 per play for 2009
  • $.0019 per play for 2010

Jika sebuah webcaster memiliki listeners sebanyak 10.000, maka hitungannya seperti ini, $0.0008 x 10.000 x 10 lagu/jam = $128, dalam 1 hari, $128 x 24 = $3.072, dan dalam 1 tahun menjadi $1.121.280. Ingat, ini untuk tahun 2006, silahkan dihitung sendiri berapa biaya yang dikeluarkan untuk tahun berikutnya.

Cerita lebih lanjut silahkan lihat langsung di website SaveNetRadio.org atau SaveTheStreams.org.

SaveNetRadio.org

related articles:

Radio’s Tangled Web – New copyright fees threaten to push Internet radio stations out of business—but they won’t go without a fight.

Lawmakers propose reversal of Net radio fee increasesA bill introduced in Congress Thursday aims to overturn a controversial royalty fee increase that Internet radio advocates say threatens to cripple their services.

New Net radio rules draw fire on Capitol HillA key Democrat in the U.S. House of Representatives on Wednesday slammed new federal rules that would require many Internet radio services to pay higher fees to record companies.

New Music Royalty Rates May Shut Down Internet Radio!

( koneksi internet lagi lelet.. )

Powered by ScribeFire.

6 responses to “Radio internet terancam mati

  1. Ping-balik: Day of Silence « Sandy’s Blog·

  2. #handris
    saya kurang tau untuk di wilayah di luar Amerika Serikat, tapi yang pasti undang-undang tersebut dikeluarkan oleh kongres AS yang menyebutkan bahwa broadcaster harus membayar royalti setiap kali menayangkan lagu kepada perusahaan rekaman dengan perhitungan yang saya tulis pada artikel di atas, jika itu dilakukan maka broadcaster akan bangkrut dan akhirnya tidak ada tayangan radio internet. Bisa jadi kalau undang-undang ini di sahkan dan dijalankan tidak menutup kemungkinan industri radio internet di dunia (selain AS) akan terpengaruh juga.

    Suka

Tinggalkan komentar