Bukan Ikan Lele Raksasa

… tapi Whale Shark.

*awal cerita*

Beberapa netters (blogger, kaskuser) sempat (bahksan sedang) ramai memperbincangkan beberapa photo yang memperlihatkan seekor ikan ‘seperti’ lele raksasa. Lebih hebohnya lagi, diceritakan bahwa ikan katanya lele itu memakan manusia, seperti yang ditunjukkan dalam beberapa photo terlihat seperti bentuk katanya kaki manusia.

Seperti yang dibahas di situ, banyak yang meragukan ke-lele-an ikan yang ada dalam photo tersebut dan meyakini bahwa itu adalah seekor ikan hiu jenis Whale Shark, dan juga menyangsikan bahwa bentuk seperti kaki manusia itu hanyalah bagian dalam tubuh ikan.

Coba saja bandingkan photo katanya ikan lele itu dengan photo whale shark di bawah ini

Btw, ikan mirip lele ini pernah juga pernah terlihat di kuwait, dan tidak ada yang menyebut nya sebagai ikan lele. Eit.. ikan ini juga beberapa kali pernah terjaring nelayan kita loh (1)(2)(3)(4), kalau di Indonesia kita kenal dengan nama Hiu Tutul.

referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Whale_shark
http://elasmo-research.org/education/ecology/coral-whale_shark.htm
http://animals.nationalgeographic.com/animals/fish/whale-shark.html
http://www.flmnh.ufl.edu/fish/Education/sharkkey/whaleshark.html
http://www.whale-shark.org/

15 responses to “Bukan Ikan Lele Raksasa

  1. makasih ya mas informasinya, di artikelnya dah aku relink ke blog nya mas sandynata koq biar lebih jelas.
    blog kita hari ini berhubungan,hehehhe salam kenal mas

    sandynata,
    makaciii cenaaaa….

    Suka

  2. Hewan ini sudah sering dibahas di acara-acara fauna macam Discovery Channel itu, Kang..

    *pertanda ga tau nonton TV wong-wong iki, ckckckck*

    sandynata,
    benul, la ya itu lah, saya juga agak kaget kok banyak yg pcaya itu lele raksasa? , lagian udah beberapa kali ikan spt itu melakukan ‘penampakan’ di perairan Jawa, udah beberapa kali dimuat di tipi2, koran2, hanya gara2 ngliat moncongnya pesek kayak lele dikirain lele raksasa.. hahaha…

    Suka

  3. sepertinya itu bukan lele tapi termasuk dalam genus catfish. nama spesiesnya apaan ya….?????

    sandynata,
    ja’elah!… baca artikelnya yang bener ya.. udah saya jelasin di atas semuanya

    Suka

  4. Ikan itu tertangkapnya dimana? Di laut, sungai, pasar atau warung? Mungkin jika bisa ditelusuri tempat asal penemuannya, bisa ditentukan jenisnya secara tepat…

    sandynata,
    lah kan sudah saya jelasin di atas, jenisnya adalah ikan hiu, whale shark namanya, ato kalo di Indonesia kita kenal dengan nama Hiu Tutul

    Suka

  5. MASAK HIU TUTUL NYASAR KE SUNGAI MAS….WKWKWKWWKWKKWKWKW…HARUS ADA BUKTI ILMIAHNYA JUGA,,,KALO SYA PRNAH LIAT SNDIRI DI DISCOVERY CHANNNEL,,,KALO YANG ANDA MAKSUD BUKAN HIU TUTUL MELAINKAN GENUS CAT FISH….ADA VIDEONYADAN MEMANG PENANGKAPANNYA BUKAN DI LAUT AKAN TETAPI DI SUNGAI,,,,BISA DI CHECK ITU….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s