Panduan menggabungkan dua kekuatan PCMAV dan ClamAV

Panduan ini sebetulnya sudah ada pada file README.txt yang disertakan bersama progam antivirus PCMAV, namun mungkin ada yang tidak tahu atau bingung bagaimana caranya menggabungkan kekuatan PCMAV dengan ClamAV.

Langkah-langkahnya:

  1. extract dulu PCMAV terbaru (pastinya donk!) ke dalam sebuah folder/direktori, bagi yang belum punya silahkan download di sini atau beli Majalahnya 😀
  2. Download file “TClamav.0.1.1.zip” dari alamat ini
    http://prdownloads.sourceforge.net/visualsynapse/TClamav.0.1.1.zip?download
    pilih server (mirror) mana yang akan anda download. Secara default Anda akan diarahkan ke server Australia tapi sepertinya agak lambat maka saya pilih server Asia > Taiwan
  3. extract file tersebut lalu ambil file “libpclamav.dll” (yang lain tidak perlu) kemudian taruh ke dalam folder di mana PCMAV Cleaner/RTP berada.
  4. Download (2 file) Database virus ClamAV dari alamat ini
    http://db.local.clamav.net/main.cvd
    http://db.local.clamav.net/daily.cvd
    (klik kanan lalu “save as..” atau “save target as..”)
  5. Taruh 2 file tersebut ke dalam folder dimana PCMAV Cleaner/RTP berada. Pastikan semua file (8 file) ada di folder tsb.
  6. Jalankan PCMAV-CLN.exe, Anda akan dapat melihat informasi mengenai database ClamAV

    Anda juga dapat melihat informasi penggunaan database ClamAV ketika menjalankan PCMAV-RTP.exe

Catatan:
Jika sebelumnya Anda telah memiliki (memasang) Antivirus (Norton, AVG, NOD32, McAfee dsb), untuk menghindari false alarm atau menyebabkan PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan Anda matikan (uninstall) terlebih dahulu.

Update:
PCMAV terbaru (mulai dari RC14) sudah tidak menggunakan file  rtphook.dll dan rtpscan.dll

Ikuti perkembangan terbaru dari PCMAV di SINI atau di SINI

Technorati Tags: , , ,

146 responses to “Panduan menggabungkan dua kekuatan PCMAV dan ClamAV

  1. selama ini saya belum pernah pakai antivirus PCMAV. saya lihat di blog mas Sandy getol banget ngebahasnya. Kalau dibanding antivirus luar, apakah PCMAV ini bener2 sakti? Saya belum ngecek, apakah pcMAV bisa jalan di linux gak mas? makasih.

    Suka

  2. selama ini saya perhatikan PCMAV lebih mampu/lebih cepat mengatasi virus lokal seperti brontok dan variannya, serta virus lokal lain seperti flu burung dan kawan2nya sementara antivirus luar agak lambat dalam menangani virus2 lokal ini.

    sebelumnya saya sudah lama tidak memakai antivirus developer besar spt McAvee, Norton karena selain kudu bayar, cukup makan banyak memory, setelah itu saya beralih ke Antivir, lalu coba NOD32, sayangnya NOD32 berupa trial, setelah masa trial habis tidak bisa update lagi, nah kemudian ditengah2 hancurnya banyak komputer gara2 brontok, muncul PCMAV. Dan terbukti saat itu dimana antivirus luar tidak dapat mengenali brontok, PCMAV langsung dapat membabat habis virus tsb. Sekarang sih sudah hampir semua antivirus dengan update terbaru telah dapat mengatasi brontok beserta variannya.

    Selain itu, PCMAV aseli buatan anak bangsa, jadi harus bangga donk 😀 dengan begini semoga banyak orang (programmer/developer) lebih terpacu semangatnya utk menghasilkan produk2 yang berkualitas. Tidak selamanya buatan lokal lebih jelek ketimbang buatan luar (developer besar). Oia, PCMAV kan gratiss….!!

    PCMAV formatnya .EXE jadi hanya berjalan di lingkungan windows. Saya juga pakai Linux (Fedora Core 5), dan tidak saya install antivirus, aman ko, paling tidak semenjak saya menggunakan linux mulai thn 2004 sampai detik ini tidak pernah sekalipun Linux saya terjangkit virus… 😀

    * cintailah ploduk ploduk indonesia…*

    Suka

  3. Saya coba panduan menggabungkan pcmav 13 dan clamav, tapi untuk mendownload main.cvd dan daily.cvd kon nggak bisa, yang muncul justru bahawa program yg tidak saya mengerti. Bagaimana mendownloadnya agar bisa di masukkan ke pcmav 13 nya? Terima kasih atas penjelasannya dan hidup produk anak bangsa!….

    Suka

  4. Mas Sandy , saat ini compie aku kena virus Bluefantasy ( 81u3f4nt45y). Aku udah coba uninstall Norton 2006 yg ada di compie aku, tapi ndak bisa . Pokoknya every time aku coba delete folder ato uninstall selalu gagal. Solusinya gimana ? soalnya aku tertarik pake PCMAV ini , tapi aku ndak bisa nge delete suspected files nya … ada apa nih ?

    Suka

  5. #alessie1706
    cara 1, masuk ke safe mode, lalu scan/jalankan PCMAV (donlod versi terbaru), PCMAV R13 ini kalau dilihat dari info nya sudah dapat menetralisir virus Bluefantasy.

    cara 2, harddisk anda copot dari kompi, lalu dipasangkan di kompi lain sebagai slave (harddisk tambahan), lalu scan, pastikan antivirus pada kompi induknya telah terupdate, atau sekalian gunakan PCMAV. kalau sudah bersih baru pasang lagi harddisknya di kompi anda

    kalo masih tetep bandel, format… hueheheheh.. just kidding, coba anda cari removal toolsnya di internet. Saya akan coba bantu cari juga, kalo dapet saya kasih link nya disini nanti, ok, tapi anda coba dulu cara 1 atau 2 di atas

    Suka

  6. aku risih semenjak compieku rewel akibat virus atau worm yang gak tauk namanya dengan ciri :
    -infeksi menggunakan usb flash disk
    -setiap kita scan/ diaktipin AV(anti virus) selalu didisable-kan
    -kerja komputer jadi lambat
    -ada file mencurigakan ( zero.doc, blank.jpg pokoknya ada 5 file)[sory lupa nama nama filenya]

    jadi kira-kira virus/worm apaan tolong solusi?
    aku gunain anti virus (av) diatas PCMAV versi terbaru untuk ini tapi tidak ada hasil tetap disable

    Suka

  7. ehm.. klo menurut aq sih yang pasti kita kudu sering update Antivir qt, walau sesecure apapun qt klo antivirus g pernah diupdate sama aja. Apapun antivirusnya yang penting updatetan-nya … oh ya klo antivir yang ga beratin kompie pake aja Norton Coorporate Edition pasti ga berat .. coba aja guys… makasih buat info virus Blue fantasy ini om sandhy…

    Suka

  8. Salam kenal Bos Sandy,
    saya tertarik untuk melakukan pembersihan virus blue fantasy ini.
    Komp temen saya udah terjangkit seminggu yg lalu, terus saya coba berbagai macam antivir symantec, avg, norman, kaspersky, tetapi vir blue fantasy masih ada nieh.

    saya coba pakai safe mode selalu kompnya restart.
    bandel … kagak mau masuk ke safe mode.

    trus pcmav yg disampaikan bos sandy udah pernah saya coba dikasih temen, tapi waktu saya mau jalankan muncul error, lupa errornya apaan, yang pasti dia bilang error karena ada virus gt deh …

    kalau install ulang mah … bisa aje … tapi kan gak keren bok … masa cuman virus kyk gini hrs install ulang … hahahha ….

    please help bos sandy …

    Suka

  9. Halo mas…
    Aku udah coba PCMAV tuk mengatasi masalah “blue fantasy” tp waktu scan selesai menu untuk clean dan delete tiba2 hilang…jadi hanya bisa scan aja dan untuk menghapusnya tidak bisa..kira2 bagaimana solusinya mas…?
    trimakasih b4…

    Suka

  10. Salam kenal sandy, saya mau tanya mengapa setiap saya mau meng-extract PCMAV-CLN selalu muncul ada virus trojan-nya.Tolong infonya ya…..

    Suka

  11. pertama salam kenal, aq phery kul di elektro UB. aq pengen ngulang pertanyaan PCMAV yg didetect sbg virus di MCafee n AVG,knp y?? solusi?? trs @ my compie, PCMAV RTP setelah aktif,kira2 20 ato 30 mnt gitu,ada pesen error n PCMAV RTP lgsg exit.. kenapa ya??

    makasih banyak buat solusinya….

    salut..

    Suka

  12. Mas kenapa yah PCMAV-RTP 14 rada2 error saat aku jalankan dan selang kira-kira beberapa detik windows mendetect error istilahnya (don’t sent githu de..) kenapa yah?? trus sebetulnya pcmav ini siapa yang buat si?? apa atasan pcmedia pak anton pardede?? hebat tuh yang buat antivirus.. moga2 anak2 indonesia bisa meniru dan lebih sering bikin program yang bermanfaat dari pada bikin virus.. tetapi gak virus gak asik yah… apa lagi yang kerja jadi programer antivirus bikin virus ma program penghilangnya… Makasih tipsnya yah mas…

    Suka

  13. Makasih buanget buat RC 14nya banyak setan yang sudah saya kirim keneraka terutama setiap warnet yang saya kunjungi sambil nyewa kubunuh para jinnya.
    usulan nih buat PC Media selaku pengembang PCMAV, agar di edisi mendatang terutama rc 15 untuk agar anti virus ini bisa memeriksa drive C yang tersembunyi. karena selama ini untuk menghindari kerusakan yang terlalu parah (pada setiap komputer yang saya rakit atau perbaiki) akibat tangan jahil biasanya saya selalu menyembunyikan drive C bahkan memblock semua akses kesana kecuali dari admin. jadi pada saat saya jalankan PCMAV dari user yang drive C-nya saya batasi kotak centang untuk drive C tersebut tidak ada.
    jadi mohon buat para “Anggota Dewan” PCMAV bisa mengembangkan kedepan agar PCMAV bisa memeriksa setiap drive yang tersembunyi sehingga para penunggu pohon beringin tua bisa minggat semua Saya sangat salut buat team PC Media, maju terus pantang mundur

    thanks
    welmin

    Suka

  14. ngg.. mas masih lo… pas kemaren aq gabungin PCMAV-RTP 14 dgn ClamaV BEeeeeRaaaT bgt.. ampe windowsQ hang.. apa aku yng slh yah?? sblmnya aQ install vista transformation pack v6.0.. why?? ngg.. mas menurutQ RTP tuh mending digabungin ma CLN biar efektif.. menurut mas gimana??

    Suka

  15. #fajar lg
    memang sampai saat ini (versi terbaru Rc15) khusus untuk RTP memang masih bermasalah, sampai saat ini juga saya tidak menggunakan RTP utk sementara. Kita tunggu saja perbaikan dari tim developer PCMAV 🙂

    Suka

  16. bung sandy.. saya udah download virus definition nya yg daily… tp PCMAV nya ttp bilang virus def nya out dated gimana donk?? :p

    Salam kenal

    Suka

  17. koq gak mempan juga, mungkin Virus Brontok/Worm/Minisia saya lebih baru, dari Task manager tampak beberapa file yang aneh sedang berjalan, contohnya blank.jpg, zero.txt, regedit32.com, shell32.com, dll, semuanya ada delapan file.
    file-file tersebut tersimpan di Folder Windows\system32\dll cache\. dan beberapa juga tersimpan di Folder Windows\System32\dllchache.
    Tolong carikan Antivirusnya, karena saya tidak tege untuk menginstall ulang Windows saya..
    SEMOGA BERHASIL!

    Info: Brontok dibuat oleh jowobot (tidak tau apa tujuan mereka membuat virus semacam ini).

    Suka

  18. koq gak mempan juga? mungkin Virus Brontok/Worm/Minisia saya lebih baru! Dari Task manager tampak beberapa file yang aneh sedang berjalan, contohnya blank.jpg, zero.txt, regedit32.com, shell32.com, dan lain-lain, semuanya ada 8 file.
    file-file tersebut tersimpan di Folder Windows\system32\dll cache\. beberapa juga tersimpan di Folder Windows\System32\dllchache. dan juga terdapat di autoexec.bat tapi namanya berubah menjadi aut0exec.bat
    Tolong carikan Antivirusnya, karena saya tidak tega untuk menginstall ulang Windows saya..
    SEMOGA BERHASIL!

    Info: Brontok dibuat oleh jowobot (tidak tau apa tujuan mereka membuat virus semacam ini).

    Suka

  19. mas sandy..
    komputer saya (dalam lingkup jaringan kecil) kena virus blue fantasy (81u3f4nt45y) bagaimana menghilangkannya namun data2 terselamatkan. Antivirus apa yang bisa memperbaiki tanpa menghapus file/folder yang terinfeksi?
    mohon banget info n solusinya..
    thx

    Suka

  20. #jaka
    beberapa waktu yang lalu saya sempat juga merasakan ‘nikmatnya’ virus bluefantasy ini hehehe.. sebetulnya virus ini tidak tll membahayakan karena hanya menyembunyikan folder. Virus ini menduplikasi Folder yang ada tapi dengan extensi .scr . Solusinya, scan dengan antivirus yang telah terupdate, coba PCMAV versi terbaru atau yang khusus dibikin untuk mengatasi bluefantasi, donlod disini:
    http://virusindonesia.com/2007/04/05/pcmav-se-for-bluefantasy-erikimo/

    kebetulan waktu itu di kompi saya belum terinstall PCMAV, yang ada AVG, dan ternyata bisa.

    Suka

  21. saya baru tau kali ini klo pcmav bisa digabung clamav.sebelumnya saya dipusingkan oleh virus bluefantasy yang nyerang folder mnjadi scr. dengan gabungan kekuatan ini apa bisa tuntas membersihkannya (bluefantasy ituuuu…) thanks a lot brother…

    Suka

  22. Ping-balik: Sandy’s Blog PCMAV Antivirus Lokal «·

  23. Saya udah berhasil menggabungkan engine ClamAV ke PCMAV.
    Hasil emang cukup ruar…biasa…ampuh n luambat buanget.. Saya jg udah coba update ClamAVnya (daily) tp knapa disitu slalu tercantum versi yg lama? Pdhal di website ClamAVnya release update tanggal terkini.

    Suka

  24. salam kenal bang sandynata.
    aq sudah mencoba dl file2 diatas, tetapi jumlah total file kok cuma 6, bukan 9 seperti no.5 pada keterangan diatas?
    yang kurang adalah:
    1.PCMAV text document.
    2.rtphook.dll
    3.rtpscan.dll
    Darimana ya saya bisa mendapatkannya?
    bila ada mohon di email.
    trimakasih banyak sebelumnya.

    Suka

  25. #udi
    sebelumnya saya mo tanya, ini PCMAV nya versi berapa yang di donlod? setahu saya kalau versi terbaru (PCMAV 1.0 RC 16) file rtphook.dll dan rtpscan.dll memang tidak digunakan lagi

    Suka

  26. Alllow mas,salam kenal.Begini, bukankah clamAV itu kan antivirus untuk unix,jadi….apakah bisa mendeteksi virus-virus Windows apabila digabungkan dengan PCMAV.Satu lagi….menurut mas lebih bagus mana gabungan PCMAV+ClamAV atau PCMAV+AVG untuk mengamankan komputer saya, dari segi performa dan pengaruhnya terhadap kinerja komputer, karena RAM komp saya cuma 128 Mega.Tolong dijelaskan dan dibalas ya mas????

    Suka

  27. #mancho
    pada awalnya ClamAV memang di design utk mengatasi virus di lingkungan Unix (CMIIW) bersifat OpenSource, namun dalam perkembangannya dia juga membuat untuk versi Windows (ClamWin).

    Maksud dari kata “GABUNGAN” atau “MEMADUKAN” disini benar benar dalam arti menggabung/bekerjasama/menyatu bukan berjalan sendiri-sendiri. Dalam hal ini PCMAV menggabungkan Virus Database-nya dengan ClamAV.

    Kalau dalam satu sistem dipasang PCMAV dan AVG maka saya sebut ini bukan termasuk ‘menggabungkan/memadukan’ karena masing-masing berjalan sendiri-sendiri dalam proses penanganan virus dan tidak memiliki kaitan satu dengan yang lain.

    Di kompi saya sendiri sebagai antivirus utama saya gunakan AVG (antivirus, antispyware, antirootkit), sedangkan PCMAV saya gunakan sebagai ‘perlawanan’ terakhir apabila AVG tidak mampu menjalankan tugasnya.

    Jika anda menggabungkan PCMAV + ClamAv, proses scanning virus akan menjadi lebih lambat.

    Suka

  28. Hallow mas sandy,
    saya telah mencoba PCMAV RC 16, tapi apabila PCMAV digabung dengan engine ClamAV (tapi kalau PCMAV only sih RTP-nya tidak bermasalah) maka RTP akan bermasalah yaitu tidak bisa membuka aplikasi office dan multimedia, apakah mas sandy mengalami hal yang sama??? satu lagi apakah RTP PCMAV tidak bisa melakukan heal/delete virus secara otomatis begitu mendeteksi virus (hanya mampu mem-bloknya saja)??? trims, jgn lupa dijawab ya mas….

    Suka

  29. hi bung sandy
    thanks for your learning
    gimana cara nya menghapus virus yg ada di boot sektor hdd
    tanpa install ulang
    soalnya gabungan antivirus diatas tdk bisa menghapusnya
    trus ada virus yg dpt dideteksi tp tdk dpt dihapus namanya
    virus suspenced(fl) dan xxx
    trim’s for your attention

    Suka

  30. mas komputerku kena bluefantasy aku sudah pakai pcmav rc 16, sudah discan dan dapat bluefantasy udah di di delete namun virus tersebut masih ada ( pada saat windows startup muncul pesan dari blue fantasy dan file+folder di disk selain c: masih di sembunyikan, gimana tuh cara mengatasinya. sbg tambahan inf. saya tinggal di pedalaman papua kotanya enarotali ada warnet sejam 30.000 rp. thanks

    Suka

  31. #mancho
    sampai sekarang saya masih belum puas dengan kinerja RTP nya karena sering bikin kompi jadi lelet, saya tunggu sampai PCMAV mengeluarkan RTP versi Final bukan Beta seperti yang sekarang ada. Setahu saya RTP berfungsi untuk pengenalan virus secara Real Time dan proses healing/pembersihan dilakukan oleh PCMAV-CLN (cleanernya)

    Suka

Tinggalkan komentar