Indonesia Raya – klarifikasi dari tim Airputih

detikinetKlip Indonesia Raya Air Putih Akhirnya Buka Mulut

saya kopi pes (copy+paste) bagian pentingnya saja, lengkapnya bisa dilihat pada link di atas

Berikut ini klarifikasinya:

1. Air Putih secara institusi tidak pernah secara khusus membuat penelitian tentang arsip sejarah di Internet. Keberadaan beberapa dokumen digital tentang sejarah Indonesia tersebut pada awalnya adalah upaya yang dilakukan oleh orang-per-orang yang merupakan aktivis Air Putih.

2. Air Putih tidak pernah bekerjasama dan/atau membentuk tim khusus dengan Roy Suryo, terkait dengan penemuan klip Indonesia Raya. Dan ditegaskan pula bahwa Roy Suryo bukanlah anggota Air Putih, dan juga bukan pimpinan Air Putih.

3. Air Putih membenarkan bahwa sejumlah orang termasuk Roy Suryo pernah mengopi dokumen digital berisi sejarah Indonesia, termasuk klip Indonesia Raya.

4. Air Putih juga membenarkan bahwa klip Indonesia bernilai sejarah yang tinggi tersebut tidak ditemukan di sebuah server di Belanda seperti yang banyak diberitakan oleh sejumlah media selama ini. Klip tersebut telah berada di harddisk salah satu notebook milik Air Putih cukup lama, tetapi tidak dapat dipastikan kapan didownload-nya dan oleh siapa tepatnya.

.. hm… gimana Oom? masih hidup kah engkau?

nih gw kasi UPIL asli bukan hasil kopian (dari server belanda loo..)

MERDEKA!! …

update
okezoneDewan Penasehat Air Putih Angkat bicara

Sementara itu, Heru juga membenarkan bahwa Programmer Air Putih Indra Wahyudi-lah yang pertama kali mendownload file kontroversial ini sebelum kemudian digandakan dan dibagikan kepada banyak pihak termasuk Roy Suryo.

okezoneAir Putih Tuding Roy Lakukan Kebohongan Publik

Menurut Indra, file tersebut secara tidak sengaja ditemukan dari sebuah situs asing sekira awal Januari lalu melalui server pencarian Google. File tersebut kemudian dicopy dan dibagikan kepada banyak pihak termasuk Roy yang menerima copy file tiga pekan lalu.

okezoneBukan dari Server Belanda, Kemungkinan YouTube

“Saya berani pastikan itu bukan dari Leiden, Belanda,” kata Dewan Penasehat Air Putih Heru Nugroho saat dihubungi okezone, Selasa (7/8/2007).

okezoneAir Putih: Itu Bukan Temuan Pertama

Powered by ScribeFire.

20 responses to “Indonesia Raya – klarifikasi dari tim Airputih

  1. #almascatie
    apanya yang g jelas bos? semua jelas kok, asal kita mau membaca dan belajar, yang bikin g jelas sama yang bikin berantem .. tuh si Oom .. dia kan yang cari gara-gara ngaku-ngakunya …

    #mihael
    ya begitulah media massa indonesia, asal comot omongan orang tanpa ada cek dan ricek dulu, langsung di blow-up besar-besaran, apa mereka ndak kenal sama yang namanya INTERNET? ..

    Suka

  2. Ping-balik: Upil asli dari server belanda untuk roy suryo « Sandy’s Blog·

  3. yang penting sekarang bisa dinikmati semua orang. tapi kita tak perlu pakai versi panjang. soalnya ntar pada ga hapal. terutama para pejabat yang bisanya lipsync kalo nyanyi lagu itu.

    kasihan WR. Soepratman. udah capek2 buat. malah ditemuin orang lain.

    Suka

  4. Ping-balik: Indonesia Raya - sejarah yang terlupakan atau sengaja dilupakan? « Sandy’s Blog·

  5. Ping-balik: Merubah Indonesia dengan Blog! « Republik Blog Indonesia·

  6. #persiapan
    “..namun tetaplah berbuat yang lebih baik lagi bangsa tercinta ini. ..”

    ya kalo menurut saya ini juga termasuk berbuat lebih baik bagi bangsa, mencegah terjadinya pembodohan dan pembohongan publik

    Suka

  7. Ping-balik: Kita Hidup oleh Sejarah « Chaos_Region.html·

  8. walaupun masalah ini menimbulkan kontroversi…gw secara pribadi sih berterimakasih kepada Mr. Roy, soalnya kalo ga ada kontroversi ini gw ga bakalan tau versi lain dari lagu “Indonesia raya”…

    Suka

  9. ngapain ribut-ribut, negara ini tuh dari merdeka dah ga ada dasar nya!!!!!wajar aja klo da yang nemuin sesuatu yang nyangkut negara “NKRI” pada ribut????
    Harus nya bersyukur da yang nemuin “fosil sejarah NKRI”.
    Kalo mataram jelas da silsilahnya, lha klo NKRI???
    lha Buku sejarah Erlangga SMP,SMA ja nyampe hilang dipasaran????
    Entah asli pa rekayasa yang pasti negara ini bukan negara yang menghargai perjuangan doeloe…
    mending ngurus gimana besok kita mati bawa apa???

    Suka

Tinggalkan komentar